Suara Karya

1000 Tabung Oksigen dari Shopee Bantu Penuhi Kebutuhan Pasien Covid-19

JAKARTA (Suara Karya): Sea Group selaku perusahaan induk Shopee dan Garena memberi donasi 1000 tabung oksigen dan 1 juta dosis vaksin covid-19 kepada Pemerintah Indonesia. Donasi tersebut untuk membantu mengatasi lonjakan kasus covid-19 yang terjadi dalam satu bulan terakhir ini.

Penyerahan bantuan dilakukan secara virtual oleh Co-Founder Sea Group, Ye Gang kepada Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Senin (12/7/21).

Ye Gang mengatakan, donasi tersebut merupakan komitmen Shopee untuk berkontribusi dalam membantu Indonesia melawan covid-19. Pandemi covid-19, bukan hanya masalah sektoral, tetapi lintas sektor yang butuh penanganan lebih komprehensif.

“Semua orang memiliki peran penting dalam menangani pandemi. Karena, kita tidak bisa melawan covid-19 sendirian. 9. Kami senang bisa ikut ambil bagian dalam menyelamatkan kehidupan,” kata Ye Gang.

Selain bantuan alat kesehatan, Shopee juga membila sentra vaksinasi di sejumlah tempat di Indonesia. Ye Gang menyebutkan, Shopee siap memperluas cakupan program vaksinasi ke sejumlah wilayah di Indonesia baik di Pulau Jawa, Kalimantan, Sulawesi dan Sumatera.

Menkes mengucapkan terima kasih atas donasi yang diberikan Shopee. Bantuan itu akan membantu pemerintah untuk memenuhi kebutuhan alat kesehatan, terutama oksigen medis yang diperlukan pasien covid-19 untuk mengatasi sesak nafasnya.

“Ini merupakan salah satu contoh, dimana pun manusia berada, kita harus saling bekerja sama mengatasi masalah pandemi,” kata Menkes.

Sejalan dengan Ye Gang, Menkes juga mengajak seluruh elemen masyarakat maupun swasta untuk saling bergotong-royong guna mempercepat penanganan pandemi covid-19. Ia optimis, dengan modal sosial yang dimiliki bangsa Indonesia, maka masa sulit yang dihadapi saat ini bisa segera dilalui.

“Kita tidak mungkin berperang melawan pandemi ini sendirian, tapi kita harus melakukannya bersama-sama. Kita tidak mungkin secara ekskulisf hanya menyelamatkan kelompok, golongan, organisasi atau negara kita sendiri. Kita harus secara inklusif bekerja sama dengan seluruh kelompok masyarakat di dunia untuk mengatasi pandemi ini,” ucapnya.

Menkes menambahkan, 1000 tabung oksigen bantuan Shopee didatangkan langsung dari Singapura telah tiba di Indonesia pada Sabtu (10/7/21) lalu melalui Bandara Soekarno-Hatta.

Setelah serah terima, tabung oksigen tersebut segera didistribusikan oleh Kementerian Kesehatan ke 7 provinsi di Pulau Jawa dan Bali terutama Provinsi Jawa Tengah dan DI Yogyakarta. Mengingat kedua wilayah tersebut memiliki kendala logistik dan distribusi dalam memenuhi kebutuhan oksigen medis.

Diungkapkan Ye Gang, komitmen ini bukanlah yang terakhir. Kedepan pihaknya bersama Sea Group akan terus mendukung upaya pemerintah Indonesia dalam penanganan pandemi. Untuk itu, ia berharap pemerintah tak ragu untuk menyampaikan kebutuhan itu ke Shopee. (Tri Wahyuni)

Related posts