Presiden Gelar Rapat Tertutup Bahas Kenaikan Harga Beras

0
Presiden Joko Widodo

JAKARTA (Suara Karya): Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) melakukan pertemuan tertutup dengan sejumlah menteri Kabinet Kerja dan pimpinan lembaga di Istana Merdeka, Jakarta. 

Mereka yang hadir di antaranya Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Ignasius Jonan, Menteri Badan Usaha Milik Negara Rini Soemarno, dan Dirut Bulog Budi Waseso.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan, pertemuan tersebut membahas soal kenaikan harga beras dalam tiga minggu terakhir.

“Bicara soal beras, gitu-gitu. Jadi nggak ada yang khusus. Pengecekan saja, bapaknya (Presiden) mengecek. ‘Gimana sih, beras sekarang, kok saya dengarnya naik?’,” jelas Darmin di Istana Negara, Jakarta, Kamis (27/12/2018).

Darmin menyebut dalam tiga minggu terakhir harga beras memang naik, namun tidak begitu signifikan. Dia mencatat kenaikan harga beras berkisar pada angka Rp 40 sampai Rp 50 per kg.

“Kalau dihitung-hitung ya Rp 40-50 dari Rp 11 ribu, Rp 10 ribu. Jadi nggak banyak,” ujarnya.

Meski demikian, Jokowi memerintahkan menteri dan lembaga terkait segera melakukan operasi pasar. Menurut Darmin, Jokowi ingin harga beras kembali normal seperti semula.

“Presiden mintanya ya yang naik itu turunkan lagi. Itu berarti operasi pasarnya harus naik,” kata dia. (Bobby MZ)