11 Desa Binaan APP Sinar Mas Raih Penghargaan ProKlim Utama KLHK

0

JAKARTA (Suara Karya): Sebelas Desa binaan Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas meraih Penghargaan Program Kampung Iklim (ProKlim) Utama dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Penghargaan tersebut diberikan dalam acara puncak Festival Iklim yang mengusung tema ‘Tingkatkan Aksi Iklim untuk Indonesia Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat’ di Gedung Manggala Wanabakti Jakarta, Jumat (28/10/22).

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Menteri LHK, Siti Nurbaya. Ia didampingi Dirjen Pengendalian Perubahan Iklim Laksmi Dhewanthi.

Salah satu unit usaha APP Sinar Mas, yaitu PT Wirakarya Sakti (WKS) juga memperoleh penghargaan sebagai perusahaan yang konsisten dalam mendukung ProKlim.

Menteri LHK Siti Nurbaya memberi apresiasinya kepada para pejuang ProKlim yang sudah bekerja ikhlas untuk melakukan aksi nyata dalam membangun Indonesia yang berketahanan iklim melalui pembangunan rendah emisi gas rumah kaca atau karbon.

“Penghargaan ini merupakan pengakuan resmi atas kerja keras para aktor aksi agenda iklim di lokasi ProKlim. Termasuk Kepala Daerah yang menjalankan fungsi pembinaan dengan baik, begitu pun dunia usaha yang mendukung sekaligus mendampingi pelaksanaan ProKlim,” ujar Siti.

Di tempat terpisah, Direktur APP Sinar Mas Suhendra Wiriadinata mengatakan, dukungan terhadap ProKlim merupakan wujud dari peran serta perusahaan yang bersinergi dengan masyarakat untuk berperan aktif dalam aksi nyata memitigasi perubahan iklim, sekaligus meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar.

“Dukungan terhadap Proklim kami wujudkan lewat Program Desa Makmur Peduli Api (DMPA) di lingkup unit forestry, dan program CSR di lingkup pabrik kami,” ujar Suhendra.

Ditambahkan, program itu dijalankan sebagai bagian dari komitmen perusahaan dalam mencapai keberlanjutan lingkungan dan hutan, serta mensejahterakan masyarakat sekitar wilayah operasional.

Disebutkan, 11 desa binaan APP Sinar Mas yang memperoleh ProKlim Utama KLHK meliputi 4 desa binaan program DMPA. Di PT Wirakarya Sakti di Dusun Mudo dan Desa Sungai Terap di Jambi. Sedangkan PT Arara Abadi di Desa Pinang Sebatang Timur dan Desa Muara Kelantan, Riau.

Tujuh desa binaan program CSR dari pabrik, antara lain, PT Indah Kiat Pulp & Paper Tbk (IKPP) Perawang di Desa Tualang, Riau;
PT IKPP Tangerang dinDesa Pakulonan, Desa Pakualam, dan Desa Jelupang, Tangerang Banten.

Selain itu, PT Pindo Deli Pulp & Paper Mills di Desa Kutamekar dan Desa Kutanegara, Karawang Jawa Barat; PT Ekamas Fortuna di Desa Sengguruh, Malang Jawa Timur.

Program DMPA sendiri saat ini telah memberdayakan masyarakat di 405 desa yang tersebar di 5 Provinsi. Selain itu menyejahterakan masyarakat, program itu juga dirancang untuk menjaga kelestarian lingkungan. Salah satunya mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan.

Sedangkan program CSR pabrik saat ini membina 87 UMKM yang bergerak di berbagai sektor, mulai dari hortikultura, industri olahan makanan, sampai dengan kerajinan. (Tri Wahyuni)