Politikus PDI Perjuangan Sebut Calon Menteri di Kabinet Jokowi Harus Miliki Karakter Kuat

0

JAKARTA (Suara Karya): Politikus PDI Perjuangan Masinton Pasaribu mengatakan menteri yang tergabung di Kabinet Kerja periode ke 2 Presiden Joko Widodo (Jokowi) harus memiliki karakter yang kuat dan bertanggung jawab. Dengan demikian, para menteri nantinya harus memiliki komitmen dan loyalitas tinggi kepada presiden.

Dikatakan Masinton, pada periode ke 2 ini, para menteri nantinya bukan bekerja atas pencitraan semata. Dengan demikian, menteri pilihan Jokowi harus siap mengambil langkah kebijakan tidak populer di mata masyarakat, namun harus diyakini kebijakan yang diambil itu baik buat kepentingan bangsa.

Dia mencontohkan, saat Jokowi melakukan pencabutan Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi, seharusnya menteri itu berdiri di depan dan menghadapi serta menjawab semua pertanyaan dan cacian masyarakat yang dialamatkan ke presiden, dan jangan malah mereka bersembunyi di ketiak presiden.

“Maju dan bertanggung jawab atas kebijakan yang dibuat. Lindungi presiden untuk kepentingan bangsa yang lebih besar,” kata Masinton kepada wartawan di Jakarta, Jumat (18/10/2019)

Selain itu, Masinton juga menyinggung banyak kalangan yang mempertanyakan masuknya nama bos Mahaka Group dalam bursa calon Menteri BUMN di Kabinet Kerja Jilid 2. Namun demikian, isu itu langsung dibantah Masinton.

“Memang Erick masuk calon menteri di Kabinet Kerja Jilid 2 ini, namun kemungkinan bukan untuk ditempatkan pada Kementerian BUMN,” kata Masinton.

Meskipun demikian, Masinton menolak tuduhan Erick akan terlibat konflik kepentingan, bila menjadi Menteri di kabinet Jokowi. (Rizal Cahyono)