23 Kota/Kabupaten di Indonesia Terima IRSA 2019

0

JAKARTA (Suara Karya): Sebanyak 23 kabupaten dan kota di Indonesia menerima Indonesia Road Safety Award (IRSA) 2019. Penghargaan ini diberikan kepada daerah terbaik dalam hal penerapan tata kelola keselamatan jalan.

Demikian dikatakan Chief Executive Officer Adira Insurance Julian Noor, di Gedung Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional PPN/BAPPENAS, Jakarta, Kamis (24/10/2019)

Menurut Julian, ada beberapa permasalahan yang muncul karena tingginya angka pertumbuhan penduduk dan penggunaan kendaraan pribadi di suatu wilayah. Kemacetan, keselamatan, efisiensi dan polusi udara.

Selain itu lanjut Julian, melalui IRSA pihaknya akan mendorong penerapan program keselamatan jalan pada pemerintah kota dan kabupaten dalam mewujudkan Indonesia yang berkeselamatan.

Sementara itu, di tahun 2019 tercatat sebanyak 180 kota dan kabupaten yang ikut serta dan kemudian terpilih sebanyak 23 kota dan kabupaten yang menjadi finalis IRSA 2019.

Dimana sekitar 23 finalis terpilih berdasarkan data-data keselamatan jalan seperti jumlah penduduk, luas wilayah, jumlah kecelakaan, jumlah fatalitas kecelakaan, dan data pendukung lainnya.

Sebelum pemberian penghargaan, pelaksana kegiatan telahmelakukan observasi lapangan dan survei kepuasan pengguna jalan terhadap 23 finalis IRSA 2019, yang bertujuan untuk mengeksplorasi dan mengukur kualitas penerapan tata kelola keselamatan jalan di 23 kota dan kabupaten tersebut. (Indra DH)