28 Unit Usaha-Mitra APP Sinar Mas Raih Penghargaan dari Kemnaker

0

JAKARTA (Suara Karya): Sebanyak 28 perusahaan yang menjadi unit usaha dan mitra pemasok Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas meraih Penghargaan SMK3 (Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja) dari Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) untuk kategori sertifikat dan bendera emas.

Ke-28 unit usaha dan mitra tersebut bergerak di bidang industri kehutanan, yaitu Hutan Tanaman Industri (HTI) di wilayah Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Kalimantan Barat, dan Kalimantan Timur, serta pabrik kertas PT Indah Kiat Pulp & Paper Tbk (IKPP) Tangerang Mills.

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah dalam acara penganugerahan di Jakarta, Selasa (24/5/22) malam mengatakan, penghargaan tersebut merupakan bagian dari upaya pemerintah dalam mengkampanyekan K3.

Hal itu, lanjut Menaker Ida, merupakan bentuk apresiasi dari pemerintah kepada perusahaan yang sudah menerapkan K3.

“Lewat penghargaan K3 ini, kami juga ingin memotivasi perusahaan lainnya di Indonesia untuk meraih prestasi serupa. Untuk perusahaan dapat penghargaan, kami minta pertahankan. Bagi perusahaan yang belum dapat, mulailah menerapkan K3 secara disiplin dari sekarang,” kata Menaker Ida.

Direktur APP Sinar Mas Suhendra Wiriadinata dalam kesempatan terpisah, mengaku bangga APP Sinar Mas mendapat penghargaan dari pemerintah.

“Pencapaian ini adalah komitmen kami dalam penerapan manajemen K3 (SMK3), baik di unit usaha maupun mitra kami dari hulu hingga hilir,” ujar Suhendra.

Penghargaan tersebut, lanjut Suhendra, akan menjadi motivasi bagi APP Sinar Mas untuk selalu mengedepankan aspek K3 guna meningkatkan kinerja perusahaan.

“Penghargaan SMK3 adalah bagian dari sistem manajemen perusahaan dalam pengendalian risiko yang berkaitan dengan kegiatan kerja, guna terciptanya tempat kerja yang aman, efisien dan produktif,” tuturnya.

Selain penghargaan SMK3, PT IKPP Tangerang juga mendapat penghargaan ‘Zero Accident’ karena dinilai berhasil dalam melaksanakan program K3, sehingga tercapai nihil kecelakaan kerja pada waktu tertentu. Serta penghargaan dalam penanggulangan Covid-19. (P2CoVID). (Tri Wahyuni)