300 Mahasiswa STP Trisakti Ikuti Program Magang di Marriot Internasional

0

JAKARTA (Suara Karya): Sekitar 300 mahasiswa Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) akan mengikuti program magang di jaringan hotel Marriot Internasional. Program tersebut akan berlangsung selama 6 bulan.

“Mahasiswa yang ikut program ini berasal dari jurusan D4 Pengelolaan Perhotelan dan S1 Pariwisata mulai dari semester 3, 5 dan 7,” kata Koordinator Job Arrangement System, STP Trisakti Yulihan Feeriaty di sela kegiatan presentasi industri oleh Marriott International Indonesia, di kampus STP Trisakti, Rabu (28/9/22).

Yulihan mengaku bangga karena Marriot Internasional Indonesia menyambut permintaan STP Trisakti untuk program magang mahasiswa. Bahkan, kuota yang disediakan untuk mahasiswa cukup besar, mencapai 300 orang.

“Marriot Internasional Indonesia menaungi 14 hotel berstatus luxury atau bintang 5 di Jakarta. Meski ini program magang, ada proses seleksinya juga. Selain keahlian yang bersifat teknis, kemampuan berbahasa Inggris diutamakan,” tuturnya.

Proses seleksi diterapkan saat itu. Mahasiswa yang akan ikut program magang bisa langsung interview dengan perwakilan dari masing-masing hotel. Mahasiswa yang terpilih dinilai memenuhi kriteria yang ditetapkan.

“Kami ingatkan kepada mahasiswa untuk praktik secara serius, agar punya ‘bekal’ untuk bersaing di dunia kerja. Apalagi industri pariwisata di Indonesia maupun dunia sudah mulai bangkit lagi. Sehingga akan banyak peluang kerja di masa depan,” tuturnya.

Kegiatan Presentasi Industri itu dibuka Wakil Ketua I STP Trisakti, Djoni Wibowo. Hadir pula Kepala Departemen Pengelolaan Perhotelan STP Trisakti, Linda Desafitri Ratu Bilqis.

Dalam sambutannya, Djoni berpesan agar mahasiswa memiliki ‘baja’ agar berhasil dalam melaksanakan program magang atau Praktik Kerja Industri. Keberhasilan itu akan memberi kemudahan saat menapak karir setelah lulus.

“Sudah saatnya mahasiswa berlaku mandiri dan tidak tergantung pada orangtua. Kendala yang dihadapi selama magang harus bisa diatasi sendiri,” ujarnya.

Jaringan hotel dibawah Marriott International Indonesia, yaitu Ritz Carlton Pacific Place, St Regis Jakarta, The Mayflower, Jakarta & Marriott Executive Apartments, Aloft Wahid Hasyim, Four Points Thamrin, dan Marriot Hotels Jakarta.

Selain itu masih ada The Darmawangsa, Le Meridien Jakarta, The Westin Jakarta, Ritz Carlton Mega Kuningan, Aloft South Jakarta, The Hermitage, a Tribute Portfolio Jakarta, Sheraton Grand Jakarta Gandaria City Hotel. (Tri Wahyuni)