Suara Karya

38 Mahasiswa Penerima Beasiswa Pemkab Serang Siap Bekerja

Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah melepas 38 mahasiswa penerima beasiswa dari Pemkab Serang yang akan mulai bekerja di 18 perusahaan industri di wilayah Kota Cilegon dan Kabupaten Serang di Pendopo Bupati Serang, Jumat (8/2/2019)

SERANG (Suara Karya): Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah melepas 38 mahasiswa penerima beasiswa dari Pemkab Serang yang akan mulai bekerja di 18 perusahaan industri di wilayah Kota Cilegon dan Kabupaten Serang di Pendopo Bupati Serang, Jumat (8/2/2019).

Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah mengatakan, ke 38 mahasiswa tersebut telah berhasil dikuliahkan di Fakultas Teknik Untirta pada jenjang diploma satu (D-1) yang khusus diproyeksikan bisa langsung bekerja di perusahaan industri kimia. Selain itu mereka akan melakukan on job training (OJT) sebagai bagian dari proses penyesuaian dengan dunia kerja.

“Pendidikan yang ditempuh oleh mahasiswa tersebut memiliki potensi 85 persen diserap oleh perusahaan swasta untuk bekerja secara langsung. Jelas ini berdampak untuk minimalisir pengangguran di Kabupaten Serang,” katanya.

Tatu menjelaskan, hasil data Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Banten, lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), menjadi penyumbang pengangguran terbesar angka pengangguran. Sehingga program beasiswa D-1 Untirta, menjadi salah satu solusi untuk meangatasi pengangguran.

“Saya sudah meminta kepada Untirta, tahun depan kita ajukan penambahan satu kelas lagi, khusus untuk warga Kabupaten Serang yang kita beri beasiswa dari APBD. Semoga bisa direalisasikan,” kata Tatu.

Tatu berharap, berbagai program Pemkab Serang dalam meningkatkan kemampuan angkatan kerja melalui program pelatihan dan pendidikan bisa untuk menurunkan angka pengangguran di Kabupaten Serang.

“Kita juga ada program pelatihan instalansi listrik dan las dari Disnakertrans Kabupaten Serang selama satu tahun untuk warga Kabupaten Serang dan banyak pelatihan peningkatan skill lainnya yang diadakan dalam jangka waktu pendek,” katanya.

Turut hadir, Rektor Untirta Profesor Soleh Hidayat, Sekda Kabupaten Serang Entus Mahmud, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Serang Asep Nugrahajaya, Kepala Disnakertrans Kabupaten Serang R Setiawan, dan puluhan mahasiswa Kabupaten Serang penerima beasiswa.

Pemkab Serang melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Serang, juga mengalokasikan anggaran Rp83 miliar untuk beasiswa dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat dalam bentuk insentif dan beasiswa.

“Pemberian tersebut dalam bentuk beasiswa kepada masyarakat kabupaten serang pada tingkat SD, SMP, SLTA perguruan tinggi, dan guru Pendidikan Anak Usia Dini atau PAUD,” kata Tatu.

Sementara itu, Rektor Untirta Profesor Soleh Hidayat mengapresiasi Pemkab Serang yang memberikan bantuan kepada mahasiswa untuk menempuh pendidikan D-1 Tekhnik Kimia secara gratis.

“Semoga mahasiswa yang diberikan kepercayaan mendapatkan beasiswa ini bisa memanfaatkan dengan baik dan menjadi contoh untuk masyarakat lain di Kabupaten Serang,” katanya. (Wisnu)

Related posts