4 Strategi Siapkan Diri Hadapi Asesmen Nasional 2022 versi Zenius

0

JAKARTA (Suara Karya): Ada 4 strategi yang perlu dipersiapkan siswa dalam menghadapi Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) 2022 menurut platform edukasi berbasis teknologi, Zenius. Jika diterapkan, siswa akan mendapat nilai seperti yang diharapkan.

Sebagai informasi, ANBK adalah program evaluasi yang diselenggarakan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek) untuk memotret mutu pendidikan di satuan pendidikan, mulai dari jenjang pendidikan dasar hingga menengah atas.

ANBK mengukur tiga instrumen, yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter dan Survei Lingkungan Belajar. Pada AKM, tes tersebut mengukur literasi membaca dan matematika siswa.

Sedangkan survei karakter mengukur siswa melalui 6 karakter profil pelajar Pancasila, yaitu berakhlak mulia, berkebhinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif. Untuk survei lingkungan belajar dikerjakan oleh satuan pendidikan seperti murid, guru dan kepala sekolah.

Berikut 4 strategi yang ditawarkan Zenius agar sukses dalam mengerjakan ANBK. Pertama, pastikan siswa mengetahui komposisi susunan soal dan durasi ujian. Mengetahuo dua hal itu akan memudahkan dalam membuat ‘time table management’ untuk ‘eksekusi’ secara maksimal.

Kedua, siswa bisa berlatih soal sejak jauh-jauh hari. Zenius memiliki aplikasi yang bisa digunakan siswa untuk berlatih soal. Cukup mengunduh aplikasi itu, siswa bisa berlatih soal sebanyak-banyaknya secara gratis.

Ketiga, siswa harus menjawab soal dengan benar sebanyak-banyaknya. Jika sudah mengerjakan ‘simulasi’ dengan berlatih soal sebanyak-banyaknya, maka siswa lebih akrab dengan soal-soal yang disajikan saat ujian. Kerjakan soal yang mudah lebih dulu, lalu siswa waktu bisa digunakan untuk menjawab soal-soal yang lebih sulit.

Keempat, siswa harus istirahat cukup dan percaya atas kemampuan diri. Istirahat yang cukup membuat konsentrasi terjaga selama ujian. Jangan memaksakan diri saat persiapan, karena memiliki jam istirahat yang cukup, daya fokusmu akan terjaga maksimal di hari ujian. (Tri Wahyuni)