Mahasiswa ITS Sabet Juara Umum Kompetisi Robot di Amerika

0

JAKARTA (Suara Karya): Tim Barunastra ITS (Institut Teknologi Sepuluh Nopember) Surabaya berhasil menyabet juara umum dalam ajang kompetisi robot yang digelar di Florida, Amerika pada 19-25 Juni 2022 lalu.

Prestasi yang berhasil diraih Tim Barunastra, yaitu ‘First Place Design Documentation’ dan ‘First Place Autonomy Challenge’ dalam ajang kompetisi bertajuk ‘International Roboboat Competition’ (IRC) 2022 tersebut.

Kedatangan mereka kembali di Indonesia, pada Minggu (29/6/22) disambut Pelaksana tugas (Plt) Kepala Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan, Kebudayaab, Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek), Asep Sukmayadi.

Sekretaris Jenderal Kemdikbudristek, Suharti dalam sambutan tertulisnya memberi apresiasi atas prestasi yang diraih Tim Barunastra ITS, karena telah mengharumkan nama Indonesia di dunia internasional.

Ia berharap penghargaan tersebut bisa memantik tumbuhnya talenta muda nasional lainnya di bidang sains dan teknologi. “Tetaplah menghasilkan karya bidang sains dan teknologi, guna mendorong generasi muda lainnya untuk memiliki prestasi serupa,” ucap Suharti.

Ditambahkan, sebagai negara maritim terbesar di dunia, Indonesia bangga karena putra putri terbaik berhasil dalam kompetisi IRC 2022 melalui kemampuan teknologi dan kreativitas bidang perkapalan yg sangat dibutuhkan bangsa.

“Talenta-talenta terbaik yang telah dikurasi Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) menunjukkan prestasinya di tingkat dunia. Semoga prestasi ini dapat menginspirasi generasi bangsa di masa depan,” ucap Asep.

Dalam kompetisi itu, Tim Barunastra ITS membuat inovasi Kapal Nala Thesus. Kapal itu dibuat khusus untuk IRC 2022. Kapal dengan panjang total 0,88 meter dan lebar 0,72 meter itu sukses melakukan semua misi yang ada. Untuk menjadi juara, ada 7 misi yang harus dilakukan.

Inovasi yang menjadi nilai tambah dari Tim Barunastra adalah kapal menggunakan desain ‘modularity’ yang dapat menampung banyak muatan.

“Konsepnya memiliki prinsip desain yang membagi sistem menjadi bagian-bagian kecil dengan sebutan modul. Modul dapat dimodifikasi, diganti, atau ditukar secara independen dengan modul lainnya,” tuturnya.

Tak hanya Tim Barunastra ITS, perwakilan Indonesia yang juga meraih penghargaan adalah Tim Bengawan UV dari Universitas Sebelas Maret (UNS) yang meraih prestasi sebagai ‘Second Place Design Documentation’, ‘Sponsorship’ dari Blue Robotics Award, dan ‘Best Team for Testing and Innovation’; serta Tim Aterkia dari Universitas Diponegoro meraih ‘Sixth Place Design Documentation’

Tim Barunastra ITS kembali didampingi para pembimbing, yaitu Rudy Dikairono, Nawab Aditya, Dion Andreas Solang, Zulieta Krisna D, Azayaka Emeraldi Indaryo, dan Halen Dinata Atmaja. (Tri Wahyuni)