Uang Palsu Beredar di Kota Serang

0

Penulis : Wisnu Bangun

SERANG (Suara Karya) : Uang pecahan Rp 100 ribu palsu beredar di wilayah Kelurahan Lebak Wangi, Kecamatan Walantaka, Kota Serang. Banten. Tommy salah seorang warung sayur mayur di Kampung Cobonteng, Kelurahan setempat mengaku sudah empat kali menerima pecahan uang seribuan palsu dalam seminggu terakhir.

Menurut pengakuannya, dari ampat kali menerima uang palsu, sebagai transaksi penjualan dagangannya, satu diantaranya langsung ketauan. Sementara tiga lainnya sudah ketauan uang palsu, tapi tidak diketahui siapa yang berbelanja.

” Soalnya saat itu, oleh anak buah yang melayani langsung dimasukan ke dalam kotak penyimpanan uang tanpa diteliti. Sedangkan satu lainnya yang ketauan bahwa itu adalah uang palsu, kebetulan saya yang melayani,” kata Tommy, diwawancarai Senin 1 Agustus  2022.

Tommy meyakini, bahwa empat pecahan uang ratusan ribu palsu tersebut tidak memiliki garis titik-titik emas pada pinggiran kanan. Sementara yang asli ada.

Dari empat kali penerimaan uang palsu yang dijadikan sebagai transaksi, satu diantaranya dilakukan oleh ibu-ibu. ” Ibu – ibu tersebut, mengaku uang pecahan seratus ribu palsu tersebut, didapatnya dari Bank pinjaman keliling” tutur Tommy.

Tommy juga menyebutkan, tidak mempermasalahkan dengan ibu-ibu pembawa uang alsu tersebut, karena sudah diganti dengan uang yang asli.