46 Kedai Kopi Ramaikan JEC 2022

0

JAKARTA (Suara Karya): Sebanyak 46 kedai kopi dari berbagai wilayah di Jakarta berpartisipasi dalam Jakarta Coffee Experience (JCE) 2022, di Grange Park Cipete, Jakarta Selatan, Selasa (22/03/2022).  Kegiatan ini digagas Komunitas Pasar Kopi Cipete, untuk menyuntikkan semangat pada industri kopi tanah air dan menyebarkan edukasi tentang kopi sekaligus mendukung gerakan Cipete Creative District.

“Kegiatan ini berlangsung mulai 25-27 Maret 2022. Acaranya  dikemas menarik melalui berbagai agenda yang interaktif seputar kopi yang diikuti oleh 46 tenant kopi dari seluruh Jakarta,” kata Ketua Panitia Jakarta Coffee Experience 2022, Mugni Fiat, Selasa (22/3/2022).

Diakatan Mugni,  saat ini kopi bukan lagi  sekadar minuman tetapi sudah menjadi bagian dari gaya hidup. Karenanya, kopi sudah berkembang menjadi media bersosialisasi, bahkan menjadi katalis ide-ide dalam industri kreatif.

Pada kesempatan yang sama, Aldi pemilik kedai Dua Coffee yang juga sebagai salah satu penggagas acara ini berharap, kedepannya Jakarta Coffee Experience 2022 dapat merangkul tidak hanya para Coffeepreneur dan Coffee Enthusiast, melainkan juga masyarakat luas.

“Tujuannya, membentuk kecintaan akan kopi, memberikan edukasi tentang kopi, sekaligus membangun semangat komunitas kopi dan para pelaku bisnis kopi di Jakarta dan sekitarnya, melalui coffee, education, art, and music,” ujarnya.

Dia juga bermimpi, beberapa tahun kedepan komunitasnya bisa menjadi organisasi atau perusahaan dimana didalamnya bernaung para owner dan pencinta kopi.

“Jika mimpi  itu terwujud, tentunya akan tercipta efek ekonomi yang luar biasa. Mulai dari penyerapan tenaga kerja hingga berdampak pada kesejahteraan petani kopi tentunya,” kata Aldi.

Co-founder Teamup, Ahmad Romero Comacho (Popo) mengatakan, Inisiatif kegiatan ini digelar karena melihat perkembangan industri kreatif terutama kopi di Jakarta sangat baik. Harapannya, kedepan Jakarta bisa menjadi salah satu barometer di industri kopi nasional.

Diketahui, konsumsi Kopi di Indonesia per orang dapat mencapai 1.5 kilogram. Dilihat secara jumlah, indikator ini sudah baik, akan tetapi bila dibandingkan dengan beberapa negara, Indonesia memiliki nilai konsumsi yang jauh lebih kecil. Malaysia misalnya, mengkonsumsi 4 kilogram kopi per orang.

Indonesia juga merupakan salah satu negara penghasil kopi terbesar di dunia, mencapai 660 ribu ton pada tahun 2019-2020. Hampir seluruh produksi kopi di Indonesia dipasok dari pengusaha kopi perkebunan rakyat. (Bayu)