Suara Karya

6 Tim Putra dan 6 Tim Putri Lolos PON XXI di Aceh Tahun 2024, PB ABTI Bidik POM Asean Bola Tangan Dipertandingkan

JAKARTA (Suara Karya) : Momentum terindah ketika 6 tim putra dan 6 tim putri yang tampil di Babak Kualifikasi (BK) PON XXI di GOR Universitas Negeri Jakarta (UNJ), 27 Agustus hingga 2 September 2023, lolos ke PON XXI di Aceh 2024.

“Kami bersyukur pertandingan di babak kualifikasi PON XXI yang berlangsung di GOR UNJ berjalan dengan lancar dan menghasilkan 6 tim putra dan 6 tim putri yang berhak tampil di PON XXI di Aceh tahun 2024 mendatang, ” tegas Ketua Umum PB ABTI, Zulfydar Zaidar Mochtar SE MM seusai menutup BK PON XXI di GOR UNJ, kemarin.

Enam tim putra yang lolos ke PON XXI Aceh 2024 melalui babak kualifikasi adalah, tim Jawa Barat, DKI Jakarta, Kalimantan Timur, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Bali.

Sedang di putri enam tim yang berhak melaju ke PON XXI di Aceh tahun 2024 melalui Babak Kualifikasi PON XXI di UNJ adalah, DKI Jakarta, Jawa Barat, Kalimantan Timur, Jawa Tengah, Banten dan Bali.

Selain meloloskan 6 tim putra dan 6 tim putri ke PON XXI di Aceh tahun 2024, BK PON menghasilkan pemain putra dinyatakan Best Player di berikan pada Hendro Prasetyo dari DKI Jakarta. Sedang Fery Fadilah dari Jabar dinyatakan sebagai Best Goal Keeper dan Fanni dari Banten sebagai Top Score.

Adapun di putri yang terpilih sebagai Best Player diberikan pada Marselina dari Jabar, Adapun Adriyanti Sari dari DKI keluar sebagai Best Goal Keeper dan Yola Artamevia dinyatakan sebagai Top Scorer.

Menurut Zulfydar Zaidar, ajang BK PON tahun 2023 di UNJ mengalami peningkatan jumlah pemain dan prestasi para atlet yang tampil. Hal itu membuat PB ABTI berusaha keras mengajukan bola tangan dapat dipertandingkan di POM Asean tahun 2024.

Para pemain yang memperkuat 13 tim putra dan 11 tim putri yang tampil di BK PON XXI prestasinya akan dievaluasi, khususnya mereka yang masih terdaftar sebagai mahasiswa untuk masuk Pelatnas tim POM Asean. Dengan catatan usulan yang diajukan PB ABTI, cabang bola tangan dipertandingkan di Surabaya mendapat persetujuan dari pemerintah.

“Cabang bola tangan putra – putri, baik indoor maupun pantai dipertandingkan di POM Asean sangat besar sekali. Dengan harapan, loncatan prestasi atlet menuju jenjang internasional lebih cepat, kendati dalam kategori tim mahasiswa dan mahasiswi, ” tambah Zulfydar Zaidar seraya mengatakan, seusai menggelar BK PON XXI Indoor langsung mempertandingkan kategori bola tangan pantai di lapangan pasir UNJ. (Warso)

Related posts