9 Siswa BK Ikuti Kompetisi Tata Rias Internasional 2021

0

JAKARTA (Suara Karya): Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek) memfasilitasi 9 siswa berkebutuhan khusus (BK) mengikuti kompetisi internasional tata rias Cidesco 2021 secara daring dari Bandung, pada 8 September mendatang.

“Kesembilan siswa itu mewakili Indonesia dalam ajang internasional, Cidesco Make Up and Body Art Competition 2021,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Puspresnas Kemdikbudristek, Asep Sukmayadi saat membuka secara resmi kompetisi tersebut di Bandung, Jawa Barat, Selasa (7/9/21).

Disebutkan, 9 siswa BK itu adalah Ekawatie dari SLB Negeri 1 Jakarta (peraih medali emas Lomba Kompetensi Siswa Nasional Peserta Didik Berkebutuhan Khusus (LKSN PDBK 2019); Putri Widyawati dari SLB Negeri Kota Magelang Jawa Tengah (peraih medali perak dan emas LKSN PDBK 2019-2020).

Selain itu, ada Griska Septiana dari SLB Negeri Muntok Kepulauan Bangka Belitung (peraih medali perak LKSN PDBK 2020); Rezky Aulia Putri dari SLB Negeri 1 Bantul DI Yogyakarta (peraih medali perunggu LKSN PDBK 2019) dan Siti Nur Cholijah dari SLB Negeri Pembina Palembang Sumatera Selatan (peraih medali perunggu LKSN PDBK 2020.

Nama lainnya adalah Nurmala Khoiriah dari SLB Negeri Pembina Palembang Sumatera Selatan (peraih juara harapan 1 LKSN PDBK 2019); Sri Susilawati dari SLB Negeri Cipatujah Jawa Barat (peraih juara harapan 1 LKSN PDBK 2020; Detia Riska Utami dari SLB PKK Lampung (peraih juara harapan 2 LKSN PDBK 2019; Rachel Ramadhini dari SLB Prof Dr Sri Soedewi Masjchun Sofwan Jambi (peraih juara harapan 3 LKSN PDBK 2019).

“Dari 9 peserta tersebut, dua peserta diantaranya ikut lomba secara daring. Tujuh peserta secara luring dari Bandung,” ujarnya.

Asep menuturkan, sinergi antara pemerintah dan lembaga/yayasan terkait perlu dilakukan untuk mengantarkan para talenta muda berprestasi di ajang kompetisi internasional. Hal itu diharapkan akan memberi semangat, motivasi dan kekuatan bagi semua pihak untuk pengembangan prestasi.

Peserta Cidesco Make Up and Body Art Competition 2021 akan melakukan ‘make up dan body art’ pada seorang model profesional dari Cidesco Agency. Pelaksanaannya akan memakan waktu sekitar 5 jam.

“Sebelum melakukan make up, peserta mengirimkan sketsa dan sinopsis kepada panitian sesuai tema yaitu ‘Beauty of Tropical Paradise’,” katanya.

Pada akhir pelaksanaan, karya siswa akan ditampilkan melalui ‘catwalk’. Nama pemenang akan diumumkan pada hari yang sama, setelah rangkaian kompetisi selesai.

Sebagai informasi, Cidesco Make Up And Body Art Competition adalah kompetisi internasional tahunan dalam bidang kecantikan untuk mengapresiasi penata rias terbaik dunia. CIDESCO atau Comité International d’Esthétique et de Cosmétologie adalah organisasi yang beranggotakan sekolah kecantikan, pusat kecantikan dan siswa kecantikan bersertifikat Cidesco di lebih dari 40 negara di 5 benua. (Tri Wahyuni)