Agar Tercatat, BPJS Kesehatan Siapkan Aplikasi P-Care Vaksinasi Covid-19

0

JAKARTA (Suara Karya): Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan menyiapkan aplikasi Primary Care Vaksinasi (P-Care Vaksinasi) yang terintegrasi dengan Sistem Satu Data Vaksinasi Covid-19. Aplikasi itu untuk proses pencatatan dan pelaporan pelayanan vaksinasi di fasilitas kesehatan.

“Penggunaan aplikasi ini telah kami sosialisasikan ke Dinas Kesehatan dan fasilitas kesehatan lainnya pada akhir tahun 2020 lalu. Diharapkan, pelaksanaan vaksinasi Covid-19 dan proses pencatatan berjalan lancar,” kata Direktur Utama BPJS Kesehatan, Fachmi Idris dalam siaran pers, Jumat (15/1/21).

Fachmi menyebutkan, ada 13.341 fasilitas kesehatan di seluruh Indonesia yang terintegrasi dengan P-Care Vaksinasi. Data hasil input P-Care Vaksinasi akan terintegrasi pada tabulasi dan dashboard Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN).

“Hasil layanan vaksinasi itu diharapkan membantu Pemerintah dalam upaya pengendalian Covid-19 serta menyukseskan Program Vaksinasi Nasional,” ujarnya.

Fachmi juga menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah yang memberi kepercayaan pada BPJS Kesehatan untuk ikut berkontribusi dan bertanggung jawab dalam pelaksanaan vaksinasi, khususnya penggunaan aplikasi P-Care Vaksinasi.

“Diharapkan sinergi bersama antara Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian Kesehatan, PT Telekomunikasi Indonesia, PT Biofarma, serta pemangku kepentingan lain yang terlibat dalam penyelenggaraan program vaksinasi makin solid dan terus terjalin,” katanya.

Ditambahkan, kepercayaan itu akan memberi motivasi kepada BPJS Kesehatan untuk terus berkontribusi bagi bangsa dan negara. Apalagi sebelumnya Pemerintah telah mempercayakan kepada BPJS Kesehatan untuk melakukan verifikasi klaim pemberian pelayanan Covid-19.

Fachmi juga mengingatkan pada para pihak yang telah divaksinasi untuk tetap menjaga protokol kesehatan. Hal itu demi melindungi diri, keluarga dan orang-orang disekitarnya. “Meski sudah divaksinasi, penting untuk tetap menerapkan 3M, yaitu Memakai masker, Menjaga jarak dan Mencuci tangan dengan sabun,” ucap Fachmi menegaskan. (Tri Wahyuni)