Agustiar Berikan Jempol, Nilai Ervan Unggul Lawan Pecatur Filipina di JAPFA Chess Festival ke 12

0

JAKARTA (Suara Karya) : Wakil Ketua Umum PB Percasi, Agustiar Sabran memberikan acungan jempol pada IM Mohammad Ervan yang bermain taktis dan strategi saat menahan remis pecatur Filipina GM Darwin Layo di babak kedua dalam JAPFA Chess Festival ke 12 di Gedung Serba Guna, Senayan Jakarta, Minggu (11/09/2022).

“Ervan yang memegang buah hitam menerima tawaran remis dari pecatur Filipina. Hal itu merupakan strategi dan tetap unggul dengan Kedudukan 1,5 – O, 5 dibabak kedua di JAPFA Chess Festival ke 12,” tegas Agustiar usai menyaksikan pertandingan.

Menurutnya, menjadi pecatur itu harus cerdik dan pintar. Melalui perhitungan yang matang saat di langkah 15 lawan Laylo yang mengajak main remis, Ervan langsung menyetujuinya. Dengan catatan, posisinya masih diatas lawan yang merupakan pecatur anggota tim Olimpiade Filipina.

Hal itu juga diakui oleh Ervan setelah tampil dalam pertandingan. “Untuk menjaga stamina setelah unggul 1-0 dalam pertandingan pertama Sabtu (10/9/2022) sudah tentu kami mengukur kekuatan lawan dan diri sendiri dalam pertandingan selanjutnya di babak kedua. Kesempatan diberikan oleh Laylo saat pecatur Filipina itu ngajak main remis di babak ke 15,” tegas Ervan.

Menurutnya, melalui pengalamam yang dimiliki Laylo sebagai anggota tim Olimpiade Filipina tidak mudah mengalahkannya. Namun Ervan akan terus berusaha membukukan permainan maksimal dalam 6 babak yang akan dilakukan.

“Saya bersyukur menang lawan Laylo di babak pertama dan remis di ronde kedua. Di babak ketiga nanti dengan memegang buah putih akan berusaha semaksimal mungkin meraih kemenangan, ” tambah Ervan yang melakukan pertahanan Kwin Indian, dibabak kedua.

Sedang dalam dwi tarung putri, Lagi-lagi IM Medina Warda Aulia yang melakukan pembukaan Karokan bermain remis lawan GMW Gong Qianyum dari Singapura. Kedudukan remis juga dialami kedua pemain saat tampil di babak pertama Sabtu (10/9/2022). Atas hasil itu kedua pemain mengumpulkan nilai imbang 1 – 1 hingga babak kedua.

Pertandingan babak kedua yang ditampilkan Medina dan Gong cukup alot meski akhirnya berakhir dengan membagi angka setengah-setengah. Dan tak kalah sengitnya dalam pertandingan catur JAPFA dialami di 12 kategori, baik kelompok umur senior, junior dan veteran. Bahkan di kelompok. Wasit yang diikuti Wakil Ketua Umum PB Percasi berjalan ketat dan akhirnya Agustiar Sabran tampil sebagai juara. (Warso)