Airlangga Perintahkan Kader Golkar Aktif Bantu Penanganan COVID-19

0
Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto (tiga kanan) berfoto bersama pengurus DPD Partai Golkar Provinsi Lampung, usai memberi pengarahan kepada para kader di BandarLampung, Jumat (13/8/2021). ANTARA/HO-Dokumentasi Ketua Umum Partai Golkar

JAKARTA (Suara Karya): Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto meminta seluruh kadernya untuk terlibat aktif membantu Pemerintah menanggulangi COVID-19 mulai dari disiplin melaksanakan protokol kesehatan sampai mendukung vaksinasi.

“Itu tugas yang perlu dilakukan oleh jajaran Partai Golkar, karena itu merupakan pertaruhan bangsa kita,” kata Airlangga saat memberi pengarahan kepada pengurus dan anggota DPD Partai Golkar Lampung, sebagaimana dikutip dari keterangan tertulisnya yang diterima di Jakarta, Jumat.

Airlangga, yang juga Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, dan saat ini aktif menjabat sebagai Ketua Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), mengingatkan COVID-19 merupakan musuh bersama yang tidak terlihat. Oleh karena itu, penanganan COVID-19 butuh kerja sama seluruh pihak.

Dalam pertemuan itu, Airlangga menyoroti tingkat kematian akibat COVID-19 di Provinsi Lampung.

Tingkat kematian akibat COVID-19 di Lampung mencapai kurang lebih enam sampai tujuh persen, sementara rata-rata nasional tiga persen. Artinya, tingkat kematian akibat COVID-19 di Lampung masih lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata nasional, ujar Airlangga.

Oleh karena itu, Ketua Umum DPP Partai Golkar meminta kader-kadernya di Lampung untuk aktif membantu Pemerintah menurunkan kasus positif COVID-19, setidaknya selama satu pekan ke depan.

Strateginya, Airlangga menerangkan, para kader dapat membantu penyediaan tempat tidur COVID-19 di rumah sakit.

“Saya ingin dalam satu minggu ke depan Lampung turun,” ujar Airlangga.

Ia juga meminta para kader aktif terlibat kegiatan pemeriksaan, pelacakan, dan perawatan (3T). Tracing atau pelacakan merupakan salah satu cara menekan laju penyebaran COVID-19, katanya lagi.

Airlangga selaku KPCPEN, juga meminta Pemerintah Provinsi Lampung menyiapkan tempat isolasi terpusat bagi pasien COVID-19 yang tidak bergejala dan bergejala ringan.

“Silakan masing-masing daerah, di kecamatan, kelurahan, buatkan isolasi terpusat sehingga terkontrol, terutama para lanjut usia (lansia) dan pasien yang punya penyakit bawaan (komorbid),” kata Airlangga pula seperti dilansir antaranews.com. (Agus Sunarto)