Ajak Mahasiswa Peduli Sesama, STP Trisakti Gelar Donor Darah

0

JAKARTA (Suara Karya): Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Trisakti kembali menggelar kegiatan donor darah, yang sempat vakum selama 2 tahun karena pandemi covid-19. Lewat kegiatan itu, mahasiswa diajak untuk peduli sesama.

“Selain memperkuat jiwa sosial, donor darah juga baik untuk kesehatan,” kata Ketua STP Trisakti, Fetty Asmaniati disela kegiatan yang diselenggarakan kampus di wilayah Tanah Kusir, Jakarta Selatan, Jumat (16/12/22).

Hadir dalam kesempatan itu, Wakil Camat Pesanggarahan, Putut Puji Linangkung. Kehadiran Putut, karena pelaksanaan donor darah kali ini berkolaborasi dengan Kecamatan Pesanggarahan, Jakarta Selatan.

Sehingga pendonor tak hanya datang dari mahasiswa dan pegawai, tapi juga masyarakat sekitar kampus. Sehingga makin banyak stok darah tersedia di Palang Merah Indonesia (PMI).

Ditambahkan, pihaknya sangat mendukung kegiatan sosial yang diselenggarakan kampus. Dengan demikian, keberadaan kampus memberi makna bagi masyarakat sekitar.

“Kami akan dukung kegiatan yang dilakukan STP Trisakti yang memberi manfaat bagi warga dan masyarakat secara luas,” ucapnya menandaskan.

Kasubag Humas dan Sekretariat STP Trisakti, Triana Rosalina Dewi menjelaskan, hingga pukul 12.00 WIB, jumlah pendonor mencapai lebih dari 100 orang, tetapi kantong darah yang disiapkan hanya berjumlah 85, maka itu dapat dilihat bahwa antusias pendonor yang sangat tinggi, STP Trisakti akan menggelar kegiatan donor darah ini secara rutin setiap 3 bulan sekali. Kebanyakan peserta donor adalah mahasiswa semester 1 dan 3.

Seperti dikemukakan Aura Citra, mahasiswa semester satu STP Trisakti yang mengaku senang ikut dalam aksi sosial tersebut. Meski baru pertama kali ikut donor, namun ia mengaku tidak kapok.

“Awalnya sempat ‘deg-degan’, karena ini pertama kali ikut donor darah. Karena situasi ruangan yang nyaman, jadi tidak terasa menegangkan,” ujar Aura yang sedang menikmati segelas teh manis usai berdonor.

Pernyataan senada dikemukakan Kepala Departemen S1 Pariwisata STP Trisakti, Drs. Amrullah yang secara rutin mengikuti donor darah yang diadakan kampusnya. Ia merasakan manfaat kesehatan setelah berdonor.

“Badan terasa lebih enteng dan fit setelah berdonor,” kata pria yang sudah puluhan kali mendonorkan darahnya.

Kegiatan itu juga didukung keluarganya yang secara rutin berdonor mengikuti jejaknya. Istri saya juga suka berdonor untuk kesehatan. “Termasuk anak saya yang sedang co as sebagai dokter. Karena selain sehat, kita juga bisa beramal baik kepada orang lain,” ucap Amrullah. (Tri Wahyuni)