Ajang Proliga 2020 Dipastikan Ramai dan Enak Ditonton

0

JAKARTA (Suara Karya) : Ajang Proliga Bola Voli yang akan dihelat mulai 24 Januari hingga 19 April 2020 di delapan kota besar di Indonesia dipastikan ramai dan enak ditonton. Semua itu terjadi setelah para pemain nasional yang berhasil meraih medali emas dan putri perunggu di SEA Games XXX Filipina tersebar di klub-klub yang akan tampil di Liga Bola Voli Utama di Tanah Air.

Para pemain timnas tersebut yang sudah didaftarkan klub-klubnya antara lain Doni Haryono, Sigit Ardian, I Putu Randu, Dio Zulfikri (Jakarta BNI), Rivan Nurmulki, Rendy Tamamilang, Nizar Zulfikar, Yudha Mardiansyah (Surabaya Bhayangkara Samaror). Begitu pula dengan Hernanda Zulfi (Pertamina).

Di bagian putri, nama Megawati Hangestri Pertiwi, Shella Benadetha dan Hanny Budiarti tercatat di Jakarta BNI 46. Kemudian kapten tim putri timnas Wilda Siti Nurfadilah, Novia Andriyanti, Tisya Amalyya Putri, Ratri Wulandari, libero Yulis Indahyani (Jakarta Pertamina).

Setiap tim peserta diharapkan sudah memasukkan daftar minimal tujuh nama pemainnya 12 Desember 2019. “Kita minta selain memasukkan nama tujuh pemain juga memastikan nama tim pada 12 Desember 2019,”  ujar Direktur Proliga, Hanny S. Surkatty, usai memimpin pertemuan Proliga dengan perwakilan klub-klub peserta Proliga 2020 di Jakarta, kemarin.

Seperti diketahui, Proliga 2020 diikuti enam tim putra dan lima putri. Keenam tim putra antara lain Surabaya Bhayangkara Samator, Jakarta BNI 46, Jakarta Pertamina Energi, Palembang Bank SumselBabel,  Jakarta Garuda, dan tim pendatang baru Lamongan Sadang MHS.

Sedangkan di bagian putri terdiri dari Jakarta PGN Popsivo Polwan, Jakarta Pertamina Energi, Jakarta BNI 46, Bandung bjb Tandamata, dan Gresik Petrokimia Puslatda Jatim.

Pada kompetisi kasta tertinggi di bola voli tanah ini akan berlangsung di delapan kota. Pembukaan kompetisi yang telah memasuki tahun ke-19 ini dilangsungkan di Pekanbaru, Riau, 24 Januari 2020 dan ditutup di Yogyakarta, 19 April 2020.

Sebelum pembukaan, yakni pada 23 Januari, semua tim peserta sudah memasukkan minimal 13 atau 14 pemain yang akan diturunkan pada seri pertama putaran pertama itu. “Kalau menggunakan dua libero setidaknya mendaftarkan 13 atau 14 pemain,” kata Hanny.

Adapun pemain asing, Hanny mengimbau kepada seluruh peserta agar mengurus Kitas dan ITC pemain asing. “Tanpa Kitas dan ITC pemain asing tidak bisa bermain,” kata Ketua V Bidang Kompetisi dan Pertandingan PP  PBVSI. (Warso)