Akademik 2021/2022 , Polimedia Buka Pendaftaran Mahasiswa Baru Jenjang S1, D4 dan D3

0
Konferensi pers oleh Politeknik Negeri Media Kreatif (Polimedia Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Tahun Akademik 2021/2022 yang digelar Kamis (4/2/2021). (DOK. POLIMEDIA/Suarakarya.co.id)

JAKARTA (Suara Karya): Politeknik Negeri Media Kreatif (Polimedia) pada tahun 2021 ini membuka pendaftaran mahasiswa baru untuk 14 Program Studi dengan jenjang S1 Terapan/Diploma 4 (D4) dan Diploma 3 (D3). Ke-14 program studi tersebut terbagi dalam empat jurusan, diantaranya: Jurusan Teknik Grafika, Jurusan Penerbitan, Jurusan Desain, dan Jurusan Pariwisata.

Polimedia saat ini memiliki tiga kampus, yakni Kampus Utama di Jakarta, Program Studi Di Luar Kampus Utama (PSDKU) yang berada di Medan dan Makassar untuk memenuhi kebutuhan pendidikan vokasi di wilayah barat dan timur. Jalur penerimaan yang dibuka diseleksi secara nasional, untuk S1 Terapan/D4 melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) yang diadakan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

Sedangkan untuk D3 melalui Seleksi Nasional Masuk Politeknik Negeri (SNMPN) dan Seleksi Bersama Masuk Politeknik Negeri (SBMPN) yang diselenggarakan oleh Forum Direktur Politeknik Negeri Indonesia (FDPNI). Selain melalui jalur nasional, Polimedia juga membuka untuk Ujian Mandiri untuk memenuhi kuota mahasiswa baru.

Demikian hal ini disampaikan dalam konferensi pers Politeknik Negeri Media Kreatif (Polimedia) dengan topik pembahasan mengenai Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Polimedia Tahun Akademik 2021/2022.

Iklim pendidikan nasional yang berbeda saat ini menimbulkan adanya perubahan-perubahan kebijakan. Polimedia sebagai lembaga perguruan tinggi di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan saat ini dalam proses penerapan kebijakan Kampus Merdeka: Merdeka Belajar yang memberikan opsi dan hak kepada mahasiswa untuk belajar di luar kampus, menuntut respon yang cepat dan tepat bagi pengelola perguruan tinggi dalam menyesuaikan kurikulum berbasis industri.

Polimedia berfokus pada pendidikan vokasi berbasis produksi dan wirausaha. Hal ini diwujudkan dengan menerapkan kurikulum yang berorientasi pada produksi. Lulusan Polimedia tidak hanya dibekali dengan ijazah sama, namun juga dengan sertifikat kompetensi yang sudah standarisasi BNSP. Selain itu memberikan kesempatan yang besar agar mahasiswa dan lulusan untuk berwirausaha dan diharapkan dapat membuka banyak lapangan kerja. Pada tahun 2020, 75,40 persen lulusan Polimedia telah mendapatkan pekerjaan, melanjutkan studi, dan menjadi wirausaha.

Pada tahun 2020 lalu, Polimedia telah menjalin kerja sama dengan industri sebanyak 52 lembaga dari berbagai bidang sesuai kebutuhan program studi di Polimedia. Polimedia terus berupaya untuk meningkatkan kerjasama baik dengan dunia usaha, dunia industri dan dunia kerja (DUDIKA) yang dapat dijadikan tempat mahasiswa melakukan program praktik pengalaman lapangan, praktik industri, ataupun magang.

Selain kurikulum berbasis industri, tenaga pengajar atau dosen di Polimedia sebesar 45% berasal dari tenaga yang telah berpengalaman di bidangnya masing-masing. Selain itu juga terdapat lebih dari 50% dosen memiliki sertifikasi kompetensi dan profesi. Polimedia akan terus meningkatkan kualitas tridharma perguruan tinggi, terutama dalam peningkatan jumlah dan kualitas penelitian dan artikel ilmiah yang ditulis oleh dosen, memperkuat dan mengembangkan kerja sama luar negeri – baik yang berupa joint research, joint publication, dan joint conference.

Berbagai prestasi ditorehkan oleh mahasiswa Polimedia, baik tingkat nasional maupun Internasional. Seperti berbagai perlombaan fotografi, desain mode, penyiaran, dan lainnya yang mendapatkan juara nasional. Adapun seperti Mahasiswa Prodi Animasi yang mendapatkan Juara 1 AsiagraphReallusion tahun 2018 tingkat Asia. (Pramuji)