Albert Berikan Acungan Jempol, Cabang Cricket Berjalan Lancar di PON XX Papua

0

JAKARTA (Suara Karya) : Technical Delegate (TD) cabor cricket, Albert Tangkudung menegaskan, Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua 2021 berjalan lancar. Bahkan semua tim yang tampil mengakui, lapangan Cricket di Doyo Baru Kabupaten Jayapura, bagus dan bertaraf internasional.

“Adanya lapangan Cricket seperti itu membuka peluang bagi perkembangan prestasi atlet cricket di Papua khususnya dan Indonesia pada umumnya,”tegas Albert yang juga Sekjen PP PCI di Papua, kemarin.

Albert mengatakan, selain segi prestasi dan lapangan yang mumpuni, jalannya pertandingan melibatkan 100 orang lebih dalam kepanitiaan pertandingan dalam PON XX. Hal itu yang membuat pertandingan berjalan sesuai harapan.

Ketika disinggung keberadaan cricket di Papua, Abert mengatakan, sangat berpotensi dalam memajukan prestasi atletnya. Melalui fasilitas tersebut, tinggal meningkatkan sumber daya manusia (SDM) agar prestasi atlet Cricket Papua mengejar ketinggalan dengan daerah lain.

Seperti contohnya saat mempersiapkan atletnya tampil di PON XX melakukan persiapan selama 2 tahun. Bahkan try-out dan latihan di Bali selama 2 bulan. Dengan persiapan yang matang, tim cricket putri meraih medali emas di nomor super six setelah mengalahkan tim Bali di final

Sedang di putra tim putra, tuan rumah Papua meraih medali perak. Adapun medali emas diambil tim Bali setelah unggul atas Papua di final. Hal itu membuktikan peningkatan prestasi atlet Papua cukup signifikan, meski di Nomor T20 dan S’8 medali emas masih diambil tim dari daerah lain.

Albert yang juga Dosen Universitas Negeri Jakarta (UNJ) mengatakan, Indonesia terdftar dalam Cricket internasional sejak tahun 2011 dan masuk rangking 92 dari 110 negara yang terdaftar. Namun setelah mengukir medali perak di putri pada SEA Games 2017 dan di putra menghasilkan medali perunggu akhirnya Indonesia meningkat di ranking 32 dunia.

“Peningkatan peringkat cukup signifikan itulah membuat PP PCI bangga dan tinggal memperbaiki lagi untuk masuk kelefel yang lebih bagus di peringkat dunia,”jelas Albert seraya mengharapkan, perkembangan prestasi atlet cricket di Indonesia merata disetiap daerah yang menjadi naungan PP PCI. (Warso)