SEMINAR KARDIOLOGI SILOAM HOSPITALS
Angka Kematian Penderita Gagal Jantung Capai 80%

0

JAKARTA (Suara Karya): Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional yang jatuh pada bulan November, Siloam Hospitals mengadakan seminar kardiologi dengan tema ‘Advances Clinical in Cardiology’. Seminar ini dihadiri oleh spesialis kardiologi ternama yang tergabung di dalam jaringan rumah sakit Siloam, antara lain dari Siloam Lippo Village, Siloam Kebon Jeruk, Siloam TB Simatupang, RS Jantung Diagram, Mochtar Riady Comprehensive Cancer Center (MRCCC) dan Siloam Agora.

Seminar ini juga akan dihadiri oleh perwakilan dari berbagai perusahaan medis ternama seperti Zuellig Pharma, Pfizer, PT Nugra Karsera, Dipa Pharmalab, Medtronic, PT Philips Indonesia Commercial, PT Hogy Medical Sales, dan PT Ariandra. Topik-topik yang akan dibawakan dalam seminar ini antara lain adalah All About Aritmia: Sign, Symptoms and Treatment; Advanced Health Failure; New Procedures in Cath Lab; New Procedures for Chronic Venous Insufficiency; dan Advance Management on Cardiac Surgery.

Dr. dr. Leonardo Paskah Suciadi dalam topik Advanced Health Failure juga menyampaikan, ‘Sekitar 10-15% penderita gagal jantung tergolong sebagai stadium lanjut yang ditandai dengan gejala persisten dimana terapi standar obat-obatan tidak responsif atau tidak dapat ditolerir. Kondisi ini berkaitan dgn angka kematian yang sangat tinggi yaitu sekitar 70-80% dalam 1 tahun.

Menurutnya, pilihan terapi untuk gagal jantung lanjut meliputi transplantasi jantung atau implan pompa jantung artifisial (left ventricular assist device/LVAD). Dengan teknologi terbaru LVAD, angka keberlangsungan hidup penderita gagal jantung lanjut dapat mencapai 58% dalam 5 tahun, setara dengan angka keberlangsungan hidup pasca transplantasi jantung yaitu sekitar 65% dalam 5 tahun.

“Penderita gagal jantung lanjut yang ditopang LVAD memiliki rata-rata harapan hidup hingga 5-6 tahun, dan tentunya dengan kualitas hidup lebih baik pada karenakan terbebas dari gejala gagal jantung yang selama ini tidak teratasi. Hal ini akan memungkinkan penderita dapat kembali melakukan aktivitas sehari-hari skala ringan secara mandiri,” kata Leonardo, di Jakarta, Selasa (13/12/2022)

Sementara itu, Wakil Presiden Direktur Siloam, Caroline Riady menyampaikan dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) dan merayakan pencapaian Siloam terkait tindakan kardiologi, pihaknya berharap banyak masyarakat Indonesia yang semakin sadar akan pentingnya kesehatan jantung dan pembuluh darah.

“Siloam Hospitals akan terus berinvestasi dan melayani seluruh masyarakat Indonesia untuk mencegah dan menangani penyakit kardiovaskular dan menuju Indonesia yang lebih sehat,” kata Caroline.

Sekadar info, Siloam Hospitals memiliki dan mengoperasikan jaringan rumah sakit swasta terbesar dengan total 41 rumah sakit yang tersebar di 28 kota di Indonesia. Dengan jangkauan ini, Siloam Hospitals mampu untuk bekerja sama dengan para spesialis kardiovaskular di seluruh Indonesia.

Siloam Hospitals juga menawarkan berbagai layanan perawatan tindakan kardiovaskular seperti Coronary Artery Bypass Surgery (CABG), Aortic Valve Replacement (AVR), Mitral Valve Replacement (MVR), Double Valve Replacement (DVR), Myxoma, Pediatric & Congenital Diseases, dan Minimal Invasive Surgeries.

Siloam juga menyediakan layanan katerisasi jantung seperti Percutaneous Coronary Intervention (PCI), Left Atrial Appendage (LAA) Closure, Thoracic Endovascular Aortic Repair (TEVAR) & Endovascular Aneurysm Repair (REVAR), Pemasangan Ring Jantung (ADO, ASO, AMVO, BMV), Pemasangan Alat Pacu Jantung (TPM, PPM, ICD, CRTD), Electrophysiology, Heart Ablation Study dan Right Heart Study, dan Transcatheter Aortic Valve Implantation (TAVI).

Saat ini Siloam Hospitals juga telah dilengkapi dengan peralatan medis terbaik, termasuk 16 Cath Lab. Dengan dukungan para spesialis kardiologi, teknologi dan layanan medis yang tersedia, Siloam Hospitals telah berhasil melakukan lebih dari 1,000 tindakan CABG dan lebih dari 3,700 tindakan PCI. (Tri)