COVID-19
Anies Minta Warganya Patuhi Aturan PSBB

0
(suarakarya.co.id/Istimewa)

JAKARTA (Suara Karya): Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, meminta warganya untuk lebih disiplin dan serius dalam menjalankan aturan penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Ini dilakukan untuk membawa Jakarta, bebas dari pandemi Covid-19.

“Jika masyarakat masih banayak yang mengabaikan peraturan, maka potensi masalah akan semakin besar dan kita akan sulit keluar dari virus mematikan ini,” kata Anies di Jakarta, Selasa (5/5/2020)

Ditegaskannya, pemerintah ingin melindungi warganya. Dengan demikian, beberapa kebijakan telah dikeluarkan dengan tujuan menghambat penyebaran virus,

“Jadi bersabar, tentu bukan hal yang mudah, tetapi memang itu harus dilakukan,” kata Anies.

Dalam kesempatan terpisah, Lurah Lenteng Agung Jakarta Selatan, Bayu Pasca Soengkono menjelaskan bahwa saat ini semakin banyak warga yang telah menaati aturan dalam PSBB, salah satunya menggunakan masker saat keluar rumah.

Namun, dia juga meminta kesadaran masyarakat untuk tetap disiplin dalam menjalankan aturan, agar PSBB lebih efektif.

“Sebenarnya dari hari ke hari kesadaran itu sudah mulai terbentuk, dan sudah banyak yang menyadari. Hal ini juga perlu didukung oleh semua pihak, kita harus saling mengingatkan terutama dalam satu lingkungan. Kalau hanya mengandalkan petugas dari kelurahan ataupun TNI, Polri yang ikut dalam tindakan PSBB ya memang tidak efektif. Tapi saya lihat di Lenteng Agung ini sudah mulai banyak yang menyadari pentingnya menggunakan masker pada saat bepergian keluar rumah,” ujarnya.

Lebih lanjut Bayu berharap, kerjasama untuk menjalankan aturan selama masa PSBB di wilayahnya, bisa terjalin di tingkat RT, Rw hingga Kelurahan.  Selain itu, partisipasi warga dan tokoh agama untuk  saling mengingatkan juga sangat diperlukan dalam menghadapi pandemi Covid-19. (Pramuji)