FESTIVAL PELAJAR NUSANTARA 2022
Antusiasme Ribuan Pelajar Sambut Kolaborasi Disdik dan RRI Jakarta

0
Nara sumber dan jajaran panitia pelaksana Festival Pelar Nusantara (FPN) 2022. (Foto: suarakarya.co.id/Bayu Legianto)

KBRN, Jakarta: Sebanyak 3.000 pelajar SMA/SMK se-DKI Jakarta mengikuti gelaran Festival Pelajar Nusantara (FPN) 2022 di Gedung RRI, Jakarta Pusat, Minggu (23/10/2022). Kegiatan hasil kolaborasi antarRRI Jakarta dan Dinas Pendidikan (Disdik) DKI Jakarta ini dilaksanakan mulai 23-28 Oktober 2022 yang terlihat disambut oleh antusiasme para pelajar.

Kepala Stasiun RRI Jakarta Nazwin Ahmad mengatakan, tujuan diselengarakannya FPN ini adalah membuka ruang kreativitas khususnya bagi generasi muda untuk menemukan kemana mereka akan mengarahkan jiwa kreatifnya.

“Banyak sisi positif dari FPN yang bisa diambil. Interaksi dan sosialisasi pada arah yang baik akan terus terbangun, sehingga pikiran negatif tidak lagi akan sempat muncul ketika pikiran pelajar sudah tercurahkan untuk mengerjakan kegiatan-kegiatan positif,” kata Nazwin.

Lebih lanjut Nazwin mengungkapkan, FPN ini memang disediakan sebagai wadah untuk bagaimana para pelajar berkreatifitas, berorganisasi kemudian juga bisa menguatkan mental-mental mereka untuk masa depan. Sebab, dalam penguatan ini juga termasuk menjaga silaturahim yang positif antar pelajar, orangtua, guru dan stake holders lainnya.

Tujuan dari FPN ini kata dia, adalah untuk mewadahi pelajar SMA/SMK se-DKI Jakarta dalam menyalurkan kreatifitas, membangun sinergi antarpelajar dalam berorganisasi dan berkolaborasi.

“RRI hanya memberikan pengarahan,  membimbing, membantu dan mengawal bagaimana mereka melakukan sinergi dalam mengelola kegiatan FPN 2022,” kata Nazwin.

Dikatakan Nazwin, melalui kegiatan FPN ini juga diharapkan dapat membangkitkan mental, spiritual, dan jiwa ke-Indonesiaan para pelajar untuk menghadapi tantangan dimasa depan.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Nahdiana, dalam sambutannya di hari pertama gelaran FPN 2022 ini mengatakan. Kolaborasi yang juga melibatkan Forum OSIS DKI Jakarta berjalan dengan sangat baik.

“Harapan kami kegiatan seperti ini bisa terus bisa diadakan. Karena urusan pendidikan tidak bisa dikerjakan sendiri. Dengan adanya FPN ini kiprah-kiprah pelajar di DKI bisa dijadikan aksi baik, dan juga bisa ditularkan untuk teman-teman pelajar di Nusantara atau sebaliknya. Jadi ada pertukaran aksi baik dari anak-anak pelajar,”, kata Nahdiana, di lokasi FPN 2022.

Dia mencontohkan, aksi baik berupa pertunjukan band indie yang bisa dilihat pada acara FPN ini. Karenanya, untuk bisa menjadi profesional pasti mereka harus berupaya menampilkan aksi panggung dan karya terbaiknya, agar nanti ada produser yang tertarik dan kemudian mengontrak mereka menjadi band profesional.

Menuju Karir Profesional

Ketua Panitia Festival Pelajar Nusantara (FPN 2022) dari RRI Jakarta Mohammad Aden Barlian berharap, FPN ini bisa menjadi jembatan untuk para pelajar dalam meniti karir yang lebih besar dan profesional untuk di masa depan.

“Kegiatan ini merupakan permulaan untuk para pelajar terjun ke dunia yang lebih besar dan profesional,” kata Aden di lokasi acara FPN 2022, Gedung RRI, Jakarta Pusat, Minggu (23/10/.2022).

Menurutnya, dengan kemampuan yang mereka tunjukan dalam ajang FPN 2022 baik itu bermain musik, seni, fesyen, atau membuka lapak UMKM adalah wujud kreativitas nyata bahwa ada kemampuan dan niat yang baik dari para pelajar untuk berkreasi.

“Jadi bukan hal yang mustahil jika kretivitas itu mereka tekuni akan membawa hasil baik, khususnya untuk meraup pundi-pundi rupiah di masa depan,” katanya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Panitia FPN 2022 dari pelajar Alexandra Tasha Devana Calista, mengungkapkan terima kasih kepada RRI Jakarta dan Dinas Pendidikan. Menurutnya, ajang yang digelar pasca pandemi ini sangat disambut baik para pelajar.

“Penyelenggaraan Festival Pelajar Nusantara ini bisa diibaratkan, semut yang diberikan gula. Jadi selama dua tahun pandemi Covid-19, kami para pelajar bukan hanya tidak bisa berkumpul belajar dan bersosialisasi dengan teman-teman dan guru, tetapi kami juga tidak bisa menyalurkan kreativitas dan kemampuan dalam seni, musik, fesyen, dan UMKM,” kata Calista yang juga merupakan pelajar di  SMA Negri 66, Lebak Bulus, Jakarta Selatan.

Menurut dia, ajang FPN 2022 inilah menjadi ajang buat mereka untuk melampiaskan kreativitas yang dipendam selama dua tahun terakhir. “Total peserta lomba lebih dari 60, dan siapapun yang tampil semuanya akan mendapatkan apresiasi dari Dinas Pendidikan, Badan Narkotika Nasional (BNN) DKI Jakarta, dan RRI. Jadi yang tidak menang lomba juga tetap diberikan apresiasi,” ujarnya. (Bayu)