AP II Siap Layani Penumpang Nataru

0

TANGERANG (Suara Karya):  Menyambut momen Natal dan tahun baru 2019, PT Angkasa Pura II (Persero) memastikan siap melayani penumpang di 16 bandara yang dikelola perusahaan.

Pelaksanaan layanan angkutan Natal 2018 dan tahun 2019 (Nataru) akan berlangsung pada 20 Desember 2018 hingga 6 Januari 2019 dengan perkiraan arus puncak Natal pada H-3 dan perkiraan arus puncak tahun baru pada H+1. Sedangkan perkiraan puncak arus balik terjadi pada 2 Januari 2019.

President Director Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin menuturkan bahwa persiapan angkutan Natal dan Tahun Baru setiap tahunnya tidak jauh berbeda dengan yang sebelumnya, hanya saja pelayanan yang diberikan di tahun ini memang jauh lebih lengkap dibandingkan sebelumnya, khususnya layanan berbasis digital. Disamping itu, jumlah penumpang juga diprediksi mengalami pertumbuhan hingga 10,50 persen mencapai 6,7 juta penumpang dibandingkan 6 juta penumpang tahun lalu.

“Bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya, kami memprediksi pada tahun ini akan terjadi pertumbuhan jumlah penumpang mencapai 10,50%. Untuk mengantisipasi hal tersebut, kami senantiasa melakukan pengecekan kesiapan layanan sisi udara maupun sisi darat. Selain itu, kami mempersiapkan sekitar 4000 personil serta 2000 personil bantuan dari TNI dan POLRI untuk mengawal angkutan natal dan tahun baru ini ditambah juga dengan sejumlah layanan berbasis digital guna memberikan kemudahan serta pelayanan terbaik kepada penumpang,” jelas Awaluddin.

Sementara itu bila dibandingkan tahun lalu, diperkirakan pada tahun ini pertumbuhan pergerakan pesawat mencapai 7,5 persen dengan total pergerakan diseluruh bandara yang dikelola Angkasa Pura II mencapai 45.600 pergerakan dibandingkan 42.400 pergerakan tahun lalu dan akan ada 613 extra flight dalam periode natal tahun baru ini. Oleh karenanya, dalam rangka mendukung kesuksesan angkutan udara natal dan tahun baru 2019, manajemen Angkasa Pura II memberikan apresiasi kepada pihak airlines dengan menjalankan program cash back 100 persen tarif pelayanan jasa pendaratan, khusus untuk penambahan penerbangan (extra flight) domestik dengan tipe pesawat narrow body.

“Kami juga memberikan program cash back kepada maskapai yang akan membantu kelancaran momen natal dan tahun baru 2019. Ini bentuk komitmen kami untuk memberikan pelayanan optimal baik kepada penumpang, juga kepada pelanggan kami para maskapai dan ini berlaku diseluruh bandara yang kami kelola,” kata Awaluddin kepada wartawan di Jakarta, Kamis (20/12/2018).

Berdasarkan data yang telah dihimpun, tercata sejumlah destinasi favorit pada angkutan udara natal dan tahun baru kali ini, baik penerbangan domestik maupun internasional. Untuk penerbangan domestik antara lain Denpasar, Surabaya, Kualanamu, Makassar, Jogja. Sedangkan untuk penerbangan internasional antara lain Singapura, Kuala Lumpur, Jeddah, Hongkong, Bangkok.

Demi kelancaran pelaksanaan angkutan Natal dan Tahun Baru, AP II membuka posko Nataru di 16 cabang bandaranya dan sebagai bandara terbesar serta tersibuk, Bandara Internasional Soekarno-Hatta membuka tiga posko yang masing-masing terletak di Terminal 1B depan VIP sebagai posko utama, Terminal 2F dan Terminal 3. Posko-posko ini dilengkapi dengan data traffic pergerakan penumpang di bandara, data extraflight, televisi untuk monitoring CCTV, serta untuk Video Conference yang digunakan untuk koordinasi bersama 14 bandara lain. Posko-posko ini akan membantu para penumpang, mendapatkan informasi terkait penerbangan.

Berdasarkan pengalaman penyelenggaraan angkutan Natal dan Tahun Baru setiap tahunnya, AP II menghimbau kepada para penumpang pesawat agar tiba lebih awal di bandara baik penerbangan domestik maupun internasional guna menghindari kepadatan di akses menuju bandara. (Bobby MZ)