APJI Gelar Expo, Dukung Pertumbuhan Bisnis Jasaboga di Tanah Air

0

JAKARTA (Suara Karya): Asosiasi Perusahaan Jasaboga Indonesia (APJI) akan menggelar Expo yang khusus mempromosikan bisnis jasaboga di Tanah Air. Mengingat bisnis tersebut mengalami pertumbuhan yang signifikan dari tahun ke tahun.

“Untuk Jabotabek saja, tercatat ada 660 perusahaan jasaboga berupa katering dan restoran. Jumlah itu meningkat signifikan dibanding 5 tahun lalu,” kata Ketua DPD APJI DKI, Siti Djumiadini dalam jumpa pers di Jakarta, Kamis (4/7/2019) terkait pelaksanaan APJI Expo pada 13-14 Juli 2019, di Smesco Exhibition Hall, Jakarta.

Pada kesempatan itu, Siti Djumiadini didampingi Ketua Pelaksana APJI Expo, Muslihaini, Kepala Seksi Promosi dan Publikasi, Muhammad Salman dan Kepala Seksi Perlengkapan, Sonny Andi Suzanto.

Siti Djumiandini yang akrab dipanggil Dini ini mengaku senang karena bisnis jasaboga mulai diminati kalangan muda. Artinya, bisnis ini akan tumbuh pesat dan memberi lapangan kerja bagi generasi muda. “Sekarang ini persaingan untuk bisa masuk jurusan tataboga di sekolah menengah kejuruan (SMK) sangat ketat. Jurusan tataboga tak bisa lagi dipandang sebelah mata seperti dimasa lalu,” katanya.

Muslihaini menambahkan, program APJI Expo yang digagas Ketua APJI, Iden Gobel terealisasi berkat dukungan banyak pihak. Karena dikelola sendiri, maka biaya pameran menjadi lebih murah. Dengan demikian, perusahaan jasaboga yang tergolong usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) bisa ikut pameran.

“Jika ikut pameran di acara Wedding Expo, hanya perusahaan jasaboga besar saja yang bisa ikut. Padahal, tak semua anggota APJI itu mapan,” ujarnya.

Karena itu, lanjut Muslihaini, APJI terdorong membuat expo khusus untuk anggotanya. Sehingga makin banyak anggota APJI yang berpameran, termasuk perusahaan jasaboga yang masih tergolong UMKM.

“Kami bertekad menjadikan APJI Expo sebagai agenda tahunan. Terobosan yang dilakukan DPD APJI DKI ini nantinya akan menjadi contoh bagi APJI provinsi lain. Karena tujuannya sama, pemberdayaan anggota APJI dalam menghadapi persaingan usaha,” katanya.

APJI merupakan asosiasi yang menaungi pengusaha yang bergerak di bidang jasaboga yaitu katering dan restauran. Organisasi berdiri pada Oktober 1989.
Melalui APJI, anggota dapat kemudahan dalam mencari bahan baku kebutuhan matering, serta informasi seputar perizinan usaha dan pelatihan.

APJI Expo didukung penuh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta, sebagai bagian dari kalender acara Enjoy Jakarta. Rencananya, APJI Expo akan dibuka oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. (Tri Wahyuni)