Apresiasi bagi Mitra, Kemdikbudristek Gelar Anugerah Diktiristek 2021

0

JAKARTA (Suara Karya): Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi (Ditjen Diktiristek) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek) menggelar Anugerah Diktiristek 2021, Kamis (13/1/22).

Perhelatan tersebut merupakan bentuk apresiasi terhadap para pemangku kepentingan baik dari perguruan tinggi, mitra kementerian/lembaga, mitra industri dan media yang mendukung implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dan capaian Indikator Kinerja Utama (IKU) Perguruan Tinggi.

Ada 4 penghargaan yang diberikan, yaitu Anugerah Kampus Merdeka, Anugerah Kerja Sama Diktiristek, Anugerah Humas Diktiristek, dan Anugerah Jurnalis dan Media Diktiristek.

Pelaksana tugas (Plt) Dirjen Diktiristek, Nizam menjelaskan, acara Anugerah Diktiristek diperluas untuk kategori Anugerah Kampus Merdeka dan Anugerah Kerja Sama. Hal itu untuk memberi apresiasi seluruh mitra dan perguruan tinggi yang terlibat dalam transformasi pendidikan tinggi melalui program MBKM.

Nizam berharap perguruan tinggi dapat memberi dukungan penuh mahasiswa dalam program MBKM pada 2022. Dukungan itu membangun fondasi yang kuat bagi mahasiswa untuk meraih masa depan yang lebih baik.

Apresiasi kepada jurnalis diberikan karena media berperan penting dalam kolaborasi pentahelix dengan menyampaikan informasi kepada masyarakat. Hal itu akan membangkitkan semangat optimisme dalam membangun Indonesia.

Hal senada dikemukakan Plt Sekretaris Ditjen Diktiristek, Tjitjik Srie Tjahjandarie. Katanya, kesuksesan program Kampus Merdeka yang telah berjalan sejak 2021 tak lepas dari partisipasi perguruan tinggi dan keterlibatan para mitra.

“Anugerah Humas Diktiristek diikuti Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Badan Hukum (BH), PTN Badan Layanan Umum (BLU), PTN Satuan Kerja (Satker) dan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti). Untuk pertama kalinya, panitia mengundang perguruan tinggi swasta (PTS) ikut dalam kompetisi ini,” ujarnya.

Kategori yang diberikan meliputi pengelolaan media sosial, laman, konferensi pers/siaran pers, majalah, Unit Layanan Terpadu (ULT), pengelolaan Layanan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR!) dan Insan Humas Terpopuler.

“Kegiatan sekaligus menjadi upaya proaktif Ditjen Diktiristek untuk monitoring dan evaluasi atas upaya perguruan tinggi dalam mencapai Indikator Kinerja Utama (IKU) 6 yaitu kerja sama dengan mitra kelas dunia.

Kategori penghargaan berupa pengelolaan data kerja sama, manajemen laporan kerja sama, LLDikti fasilitasi kerja sama perguruan tinggi, mitra industri terproduktif, dan Atdikbud kerja sama perguruan tinggi.

Daftar para pemenang anugerah dapat dilihat dan disaksikan melalui kanal Youtube resmi Ditjen Diktiristek dan media sosial Ditjen Diktiristek. (Tri Wahyuni)