Apresiasi GTK 2022 Dibuka, Guru Inspiratif Diundang ke HGN!

0

JAKARTA (Suara Karya): Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek) kembali menggelar Apresiasi GTK 2022. Guru inspiratif akan diundang ke acara puncak Hari Guru Nasional (HGN) pada 26 November 2022.

“Penghargaan diberikan kepada guru dan tenaga kependidikan yang inspiratif dalam mengimplementasikan kebijakan Merdeka Belajar,” kata Pelaksana tugas (Plt) Dirjen GTK, Nunuk Suryani dalam webinar, Rabu (28/9/22).

Nunuk menjelaskan, guru adalah ujung tombak dalam proses pendidikan generasi masa depan bangsa. Karena peran guru dalam segala lini patut diapresiasi, karena berkaitan dengan proses penguatan sumber daya manusia (SDM).

Hal senada dikemukakan Plt Direktur Pendidikan Menengah dan Pendidikan Khusus (Dikmen Diksus), Ditjen GTK, Yaswardi. Apresiasi GTK merupakan salah satu bentuk penghargaan kepada GTK yang menerapkan Merdeka Belajar, pada konteks pembelajaran berdiferensiasi dan berpusat pada peserta didik.

Guru yang ingin ikut Apresiasi GTK harus memiliki akun di belajar.id dan mengunggah karyanya dalam Platform Merdeka Mengajar. Apresiasi GTK bisa diikuti semua guru dan tenaga kependidikan di bawah binaan Kemdikbudristek.

Kapokja Regulasi, Transformasi Tata Kelola dan Asesmen SDM Guru Dikmen Diksus, Renny Yunus menjelaskan, karya inovatif yang dibuat harus berupa video dengan durasi 5-10 menit, tanpa musik latar. Video itu berisi praktik baik yang telah dilaksanakan, sedang dilaksanakan dan/atau tindak lanjut tentang pembelajaran berdiferensiasi oleh guru dan pamong belajar.

“Karya inovatif yang diunggah harus menyertakan naskah yang relevan terkait video inspiratif, yaitu minimal 1.500 kata dan maksimal 2.000 kata,” katanya.

Periode pendaftaran dibuka mulai 19 September hingga 22 Oktober 2022 melalui laman https://gtk.kemdikbud.go.id/apresiasigtk. (Tri Wahyuni)