Badan POM Serahkan 4 Mobil Insinerator Tangani Limbah Medis Covid-19

0

JAKARTA (Suara Karya): Badan Pengawasan Obat dan Makanan (POM) menyerahkan 4 mobil insinerator untuk memusnahkan limbah medis selama proses penanganan pasien virus corona (covid-19) di Rumah Sakit Darurat Corona di Wisma Atlet Kemayoran.

“Ketersediaan alat insinerator menjadi penting untuk meminimalisir penyebaran infeksi virus ke masyarakat,” kata Kepala Badan POM, Penny K Lukito dalam siaran pers, di Jakarta, Kamis (26/3/30).

Disebutkan, penyerahan 2 unit insinerator telah dilakukan pada Senin (23/3/20) dan 2 unit pada Selasa (24/3/20). Serah terima dilakukan Kepala Badan POM kepada Perwakilan dari Satgas Kesehatan RS Darurat Corona, dr Dony.

Penny mengemukakan, proses penularan covid-19 di Indonesia hingga saat ini belum dapat dikendalikan. Jumlah pasien positif terus bertambah setiap harinya. Untuk itu, diperlukan langkah-langkah pencegahan agar penularan virusnya tak semakin meluas.

Langkah-langkah pencegahan itu, lanjut Penny, termasuk pengendalian sumber penularan, deteksi dini pasien, pemutusan mata rantai penularan dan melindungi populasi yang rentan terhadap covid-19. “Badan POM mengimbau masyarakat untuk tetap tenang dan ikuti instruksi dari pemerintah terkait penanganan covid-19,” ujarnya.

Ditambahkan, penyediaan mobil insinerator oleh Badan POM di Rumah Sakit Darurat Corona merupakan bentuk kontribusi Badan POM sebagai bagian dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 sebagaimana ditetapkan dalam Keputusan Presiden RI Nomor 9 Tahun 2020.

“Kegiatan ini juga aksi nyata dari Satgas Pencegahan dan Penanggulangan Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) oleh Badan POM yang ditetapkan sejak 21 Maret 2020 lalu,” tuturnya.

“Satgas itu terdiri dari Bidang Pemantauan dan Analisis Situasi, Bidang Dukungan Sumber Daya dan Logistik, Bidang Pencegahan dan Penanggulangan Internal, Bidang Kerja Sama Pencegahan dan Penanggulangan Penyebaran Covid-19, Bidang Komunikasi Publik, Bidang Administrasi dan Keuangan, serta Bidang Akuntabilitas dan Pengawasan,” ujarnya.

Penny juga mengimbau masyarakat agar menjaga higiene dan sanitasi diri dengan rajin mencuci tangan memakai sabun dan air mengalir saat ada di rumah atau memakai hand sanitizer jika berada di luar rumah. Penting juga menjaga daya tahan tubuh dengan konsumsi makanan bergizi, gunakan masker jika mengalami gangguan pernapasan, dan menerapkan etika bersin dan etika batuk. (Tri Wahyuni)