Bank Mega Syariah Salurkan Rp 500 juta Zakat Perusahaan

0

JAKARTA (Suara Karya): Bank Mega Syariah menyalurkan Rp 500 juta zakat perusahaan kepada Badan Amil Zakat Nasional (Baznas). Zakat tersebut, diterima secara simbolis oleh Wakil Ketua Baznas Mokhamad Mahdum di kantornya, Selasa (26/4/2022).

Komisaris Utama Bank Mega Syariah Mohammad Nuh menegaskan, pihaknya akan memperkuat kerja sama dengan Baznas, baik ditingkat pusat maupun daerah dalam penyerahan zakat perusahaan.

Menurut Nuh, kepercayaan perusahaan dalam menyalurkan zakatnya melalui Baznas bukanlah tanpa alasan. “Baznas adalah rumah besar dari pengumpulan serta penyaluran seluruh jenis zakat. Untuk itu kami percayakan zakat ini kepada Baznas, baik di tingkat pusat mauoun daerah,” kata Nuh.

Lebih lanjut Nuh menjelaskan, bahwa sejak dulu tradisi di Bank Mega Syariah dalam setiap tahunnya mengeluarkan zakat sebesar 2,5 persen dari keuntungan kotor. Dimana zakat 2,5 persen diambil sebelum keuntungan Bank Mega Syariah dipotong pajak sebesar 22,5 persen.

“Nilai zakatnya tentu lebih besar karena sebelum dipotong pajak, itu tradisi yang sudah dibangun Bank Mega Syariah. Dari total kemarin 17,6 milliar yang zakatnya Mega Syariah kemarin kita salurkan ke beberapa tempat,” katanya.

Pada kesempatan yang sama, Mokhamad Mahdum mengatakan. Penyerahan zakat perusahaan yang dilakukan Bank Mega Syariah, diharapkan dapat menjadi contoh bagi perusahaan lain. Dia menegaskan, zakat sebesar Rp 500 juta tersebut akan diberikan pada yang berhak, terutama untuk program-program pemberdayaan perekonomian Baznas.

“Baznas mendapatkan kepercayaan yang luar biasa dari grup perusahaan yang besar untuk menyalurkan zakat perusahaannya. Kebiasaan Bank Mega Syariah berzakat ini, tentunya berkorelasi positif pada pertumbuhan laba dan asetnya. Mudah-mudahan menjadi teladan bagi perusahaan lain untuk menunaikan zakat korporasinya kepada lembaga formal seperti Baznas ini,” kata Mahdum. (Bayu)