Baru 76 Persen Calon Jamaah Haji Dapat Vaksinasi Covid-19 Dosis Lengkap

0

JAKARTA (Suara Karya): Kementerian Kesehatan (Kemkes) mencatat baru sekitar 76 persen calon jamaah haji yang akan berangkat tahun ini telah mendapat vaksinasi covid-19 dosis lengkap.

“Sisanya sebanyak 24 persen, jika tidak mau vaksinasi sekarang ini terancam batal diberangkatkan,” kata Kepala Pusat Kesehatan Haji, Kemkes, dr Budi Sylvana saat membuka Bimbingan Teknis Panitia Penyelenggaraan Ibadah Haji (PPIH) di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, Selasa (17/5/22).

Budi menjelaskan, vaksinasi covid-19 dosis lengkap itu menjadi salah satu syarat utama dari Pemerintah Arab Saudi untuk memberangkatkan Jamaah Haji. Karena itu, jamaah yang tidak mau divaksinasi dosis lengkap, terancam untuk tidak diberangkatkan.

“Ini tiga kita semua, terutama petugas kesehatan untuk bisa meyakinkan para jamaah haji agar segera melakukan vaksinasi dosis lengkap, sesuai arahan Menkes Budi Gunadi Sadikin,” ujarnya.

Ada tiga syarat perjalanan haji yang ditentukan pemerintah Arab saudi, yaitu vaksinasi covid-19 minimal dosis lengkap, tea PCR 72 jam sebelum keberangkatan dan syarat maksimal umur di bawah 65 tahun,” kata Budi Sylvana menandaskan. (Tri Wahyuni)