Batik Indonesia Hadir di Pusat Perbelanjaan Terkemuka Jepang

0
Ibu Nuning Akhmadi, istri Dubes RI untuk Jepang Heri Akhmadi, bersama Fukagawa Hirozaku–san, warga Jepang pemilik Butik Batik Imari. Foto KBRI Tokyo.

JAKARTA (Suara Karya): Ibu Nuning Akhmadi, istri Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Jepang Heri Akhmadi, menyambut baik promosi batik Indonesia di Takashimaya Department Store Nihonbashi, Tokyo Senin (14/6/2021) yang dilakukan oleh Fukagawa Hirozaku–san, Warga Jepang pemilik Butik Batik Imari.

Tampak hadir mendampingi Ibu Nuning Akhmadi, Kepala Bidang Penerangan Sosial Budaya (Pensosbud) KBRI Tokyo Meinarti Fauzie dan Sekretaris I Pensosbud Mukti Setianto.

Ibu Nuning Akhmadi memastikan, penyelenggaraan promosi batik dengan motif khas dari berbagai daerah di Indonesia ini akan semakin memudahkan masyarakat Jepang untuk mengetahui jenis-jenis batik Indonesia yang pada akhirnya dapat memperkuat citra positif Indonesia di Jepang.

“Saya merasa senang, bangga dan terharu melihat sahabat kita dari Jepang yang mempromosikan dan menjual batik Indonesia di Takashimaya, sebuah toko besar di Tokyo. Mereka mendisain kain batik Indonesia dengan bagus dan dengan kualitas yang sangat baik. Bisa dilihat dari yang mereka tunjukkan disini. Saya kira kita perlu menghargai mereka,” kata Nuning Akhmadi yang juga Ketua Dharma Wanita KBRI Tokyo.

Busana batik Indonesia yang dipromosikan Imari ini menurut Ibu Nuning Akhmadi juga menampilkan nuansa warna dasar yang disukai orang Jepang.

“Menariknya disini juga ada warna kesukaan orang Jepang yaitu warna Indigo. Warna ini sangat laku kalau disini. Ini penting. Kalau kita memperkenalkan batik untuk bisa dinikmati oleh orang Jepang, kita harus menyesuaikan selera mereka,” tambahnya.

Harga yang dipasarkan Imari Batik terbilang cukup mahal, berkisar antara 40 ribu hingga 120 ribuan yen (sekitar Rp 5.400.000,- hingga Rp 15.526.851;-). Namun, hal ini tidak menyurutkan animo masyarakat Jepang untuk membeli ragam produk batik yang dijual.

Promosi dan penjualan batik Imari melalui pop up store di Takashimaya Department Store Nihonbashi ini, merupakan kerja sama Indonesia Trade Promotion Center (ITPC) Osaka dengan Imari Batik dan didukung penuh oleh KBRI Tokyo. (Pramuji)