BAZNAS Buat Tempat Cuci Tangan Darurat untuk Warga Lansia

0

JAKARTA (Suara Karya): Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) membangun tempat cuci tangan atau wastafel darurat untuk warga Lansia (Lanjut Usia) di 4 desa, yakni Desa Towera, Desa Siniu, desa Sayogindano dan desa Toraranga, Kecamatan Siniu, Kabupaten Parigi Moutong, pada Minggu (5/4/2020). Sebanyak 17 tempat cuci tangan yang terbuat dari jerigen bekas, dimodifikasi oleh tim Rumah Sehat BAZNAS Parigi Moutong, sehingga bisa berfungsi sebagai wastafel darurat yang diletakkan area yang mudah terjangkau di sekitar rumah.

Kepala Rumah Sehat BAZNAS, Dr. Reza Ramdhoni menjelaskan kegiatan ini merupakan salah satu program BAZNAS dalam menekan angka penyebaran Covid-19. Penerima manfaatnya,lanjut Reza, merupakan mustahik yang sudah memasuki usia Lansia.

“Kelompok masyarakat usia Lansia merupakan kelompok yang termasuk sangat rentan dengan penyakit menular yakni Covid-19. Sehingga BAZNAS berinisiatif untuk menjadikan mereka prioritas utama sebagai kelompok yang harus dilindungi dari penyebaran Covid-19 yakni dengan pemasangan tempat cuci tangan ini,” ujarnya.

Reza menambahkan, program pemasangan tempat cuci tangan ini juga menjadi bagian dari membangun budaya hidup sehat bagi warga yang berusia Lansia di Parigi Moutong.

“Warga desa khususnya Lansia sebagian masih kurang peduli dengan menjaga kesehatan yakni dengan menciptakan lingkungan yang bersih. Untuk itu, dalam program ini kami juga memberikan penyuluhan dan edukasi Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) agar mereka senantiasa terlindungi dari berbagai penyakit,” jelasnya.

Direktur Pendistribusian dan Pendayagunaan BAZNAS, Irfan Syauqi Beik mengatakan BAZNAS melalui jaringan Rumah Sehat BAZNAS di berbagai daerah di Indonesia terus melakukan berbagai aksi promotif dan preventif untuk memberikan fasilitas kesehatan bagi mustahik dan melindungi dari penularan Covid-19 pada khususnya.

“Saat ini penyebaran Covid-19 telah masuk di berbagai daerah di Indonesia. BAZNAS berupaya memaksimalkan jaringan tim kesehatan yang ada yakni Rumah Sehat BAZNAS, sebagai upaya membantu pemerintah mengatasi pandemi Covid-19 agar tidak semakin meluas,” tegasnya. (Pramuji)