Baznas DKI Jakarta Juga Berikan Bantuan Kesehatan di Posko Pengungsi

0

JAKARTA (Suara Karya): Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS BAZIS) DKI Jakarta tak hanya fokus pendistribusian bantuan logistik makanan, tetapi juga menyediakan layanan kesehatan untuk para pengungsi korban banjir.

Layanan kesehatan itu tersebar di sejumlah posko layanan bencana BAZNAS BAZIS DKI Jakarta dan di posko-posko pengungsi yang disiapkan sejak awal pemberian bantuan korban banjir 1 Januari 2020.

“Jika masyarakat masih membutuhkan layanan kesehatan kita akan adakan disana, di posko pengungsi yang membutuhkan layanan kesehatan,” kata Ketua BAZNAS BAZIS DKI Jakarta Luthfi Fathullah.

Luthfi membeberkan, BAZNAS BAZIS sudah menyiapkan tim medis yang terdiri dari para dokter, perawat, apoteker dan penyuluhan kesehatan.

“Juga dibantu oleh para relawan Tanggap Bencana Baznas Bazis DKI Jakarta yang selalu siap membantu dan melayani masyarakat di posko-posko pengungsi,” jelasnya.

Posko layanan kesehatan tersebut antara lain tersedia di Posko Pengungsi Masjid Baitul Muslim yang sedang memberikan Layanan Kesehatan kepada para warga RW 05 dan RW 06 Kel. Karet Tengsin Jakarta Pusat.

Tim Layanan Kesehatan banyak menangani pengungsi dari kalangan ibu dan anak-anak yang membutuhkan pengobatan karena mengeluhkan batuk, pilek demam dan penyakit kulit akibat banjir.

“Ini adalah bentuk komitmen BAZNAS BAZIS DKI Jakarta untuk meringankan beban dari pengungsi yang membutuhkan penanganan kesehatan lebih lanjut. Sampai dengan saat ini total ada sekitar 500 jiwa yang mendapatkan layanan kesehatan BAZNAS BAZIS DKI Jakarta dari tiga puluh posko yang telah didirikan,” jelas dia.

Bantuan kesehatan itu, kata Luthfi akan terus bertambah sesuai dengan kebutuhan masyarakat yang mengungsi.

“Jumlah ini berpotensi bertambah mengingat di beberapa posko BAZNAS BAZIS yang masih aktif, dan di rumah warga masih terendam banjir, dan sangat membutuhkan layanan kesehatan,” ucapnya. (indra dh)