BAZNAS Gelar Pelatihan Pembuatan Minuman Rempah dari Hasil TOGA di Bantul

0

YOGYAKARTA (Suara Karya): Taman Gizi binaan Rumah Sehat BAZNAS Yogyakarta mengadakan pelatihan pembuatan minuman dari rempah-rempah guna meningkatkan daya tahan tubuh. Pelatihan digelar di Taman Gizi Dusun Gadungan Pasar, Selasa (15/6/2021) bersama pengurus Kelompok Wanita Tani Ngudi Rejeki Dusun Gadungan Pasar.

Beberapa minuman yang dibuat di antaranya jahe merah, jeruk nipis, kayu manis, dan gula jawa yang direbus selama 15 menit. Ramuan rempah-rempah tradisional ini digunakan sebagai upaya pencegahan dan tidak boleh digunakan dalam keadaan kegawatdaruratan dan keadaan yang berpotensi membahayakan jiwa.

Seperti diketahui, pada kondisi pandemi seperti saat ini, menjaga daya tahan tubuh sangatlah penting guna menangkal virus. Beragam cara dilakukan, mulai dari berolahraga sampai mengonsumsi makanan sehat. Konsumsi ramuan herbal seperti jamu yang tadinya dianggap kuno, kini mulai dilirik kembali.

Kementerian Kesehatan menyarankan masyarakat untuk memanfaatkan obat tradisional berupa jamu, obat herbal terstandar, dan fitofarmaka. Pemanfaatan obat tradisional tersebut sebagai upaya memelihara kesehatan, pencegahan penyakit, dan perawatan kesehatan termasuk pada masa kedaruratan kesehatan masyarakat atau pandemi Covid-19. (Pramuji)