BAZNAS Gelar Webinar Sinergi Bank Syariah dan Organisasi Pengelola Zakat

0

JAKARTA (Suara Karya): Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) menggelar webinar pemaparan hasil beasiswa riset dengan tema ‘Sinergi Bank Syariah dan Organisasi Pengelola Zakat’, Kamis (27/5/2021).

Acara ini menghadirkan narasumber yang merupakan peserta beasiswa riset BAZNAS, yaitu Ai Nur Bayinah. Ai Nur memaparkan riset disertasinya yang berjudul ‘Esensi dan Formulasi Model Interkoneksi Bank Syariah dan Organisasi Pengelola Zakat di Indonesia’. Hadir pula dalam acara Andi Donny, Compliance Director Bank Muamalat Indonesia yang menjadi pengulas pada acara hari ini.

Acara dipandu oleh Suli Hendra dan dilanjut pemaparan pengantar oleh Sri Nurhidayah selaku Kepala Lembaga Beasiswa BAZNAS “Paparan riset ini adalah sebuah upaya kita bersama mengingat bahwa sering kali papper ataupun karya tulis masih banyak yang belum dimanfaatkan dan hanya menjadi tumpukan kertas. Semoga dengan adanya acara ini, merupakan forum untuk mengupayakan karya tulis untuk menjadi bernilai lebih, bermanfaat dan berkontribusi untuk masyarakat. Bismillah.” ucar Sri Nurhidayah dalam pengantarnya.

“Penelitian ini untuk mengeksplorasi, memperbaiki dan memperkuat sinergi antara bank syariah dan organisasi pengelola zakat. Dengan adanya sinergi dapat memiliki beberapa nilai tambah terhadap fungsi sosial bagi masing masing, baik dari pihak bank dan organisasi pengelola zakat.” ucap Ai Nur dalam paparannya.

“Kunci dari ekonomi sukses itu bagaimana membuat distribusi ekonomi mengalir dengan baik. Potensi zakat dan wakaf dapat didayagunakan menjadi maksimal jika sinergi dapat dilakukan.” ucap Andry Donny dalam pengulasannya.

Turut menjadi peserta dan memberikan komentara penutup adalah Prof. Dr. Armai Arief, M.Ag dan KH Wahfiudin Sakam, S.E., M.B.A dari Komisi Pendidikan & Kaderisasi Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat. Kegiatan diikiti 67 peserta dengan diskusi hangat dari berbagai pertanyaan yang diajukan. Beasiswa Riset BAZNAS merupakan beasiswa yang dialokasikan untuk mahasiswa aktif S1,S2 dan S3 yang sedang mengerjakan tugas akhir. Beasiswa ini merupakan bantuan dana untuk melakukan penelitian/tugas akhir dan membantu mahasiswa hingga mencapai selesainya studi. (Pramuji)