Baznas-Jatelindo Perkasa Kolaborasi Galang Dana Pendidikan

0

JAKARTA (Suara Karya): Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) bekerja sama dengan salah satu perusahaan biller aggregator, PT Jatelindo Perkasa Abadi memberikan layanan kemudahan bagi masyarakat untuk menunaikan donasi dalam program bantuan akses pendidikan. Akses kemudahan ini ditampilkan dalam platform aplikasi berbasis android dan web milik Jatelindo yang diberi nama Narobil, dimana aplikasi tersebut selain melayani pembayaran berbagai macam tagihan juga memberikan akses kemudahan untuk melakukan donasi.

Bertajuk “Wujudkan Mimpi Menjadi Nyata” kerjasama BAZNAS dan Narobil ini akan diwujudkan dalam bentuk bantuan pendidikan dan pendampingan keagamaan kepada anak-anak kurang mampu binaan BAZNAS yang tinggal di daerah rentan seperti Bantar Gebang, Bekasi, Tanjung Priuk, Jakarta Utara dan Kampung Rambutan, Jakarta Timur.

Direktur Utama BAZNAS, M Arifin Purwakananta menyambut positif kerjasama yang terjalin dengan Narobil. Menurutnya saat ini masih banyak anak-anak kurang mampu yang membutuhkan bantuan karena mereka belum mendapatkan akses pendidikan memadai.

“Pendidikan adalah salah satu pondasi dalam memajukan bangsa. Terima kasih kepada Jatelindo atas komitmen bersama dengan BAZNAS untuk melakukan gerakan memajukan bangsa dengan membangun pondasi yang kuat di bidang pendidikan,” ujar Arifin, Senin (4/5).

Arifin menambahkan BAZNAS saat ini juga telah memiliki lembaga program yang terus berjuang memberikan kontribusi untuk dunia pendidikan yakni Lembaga Beasiswa BAZNAS, dan Sekolah Cendekia BAZNAS, dan juga Mualaf Center BAZNAS melalui jalur dakwah.

“Dengan kerjasama bantuan pendidikan antara BAZNAS dan Narobil ini diharapkan dapat disenergikan dengan lembaga program pendidikan BAZNAS lainnya, sehingga semakin banyak lagi anak-anak kurang mampu yang minim fasilitas pendidikan di berbagai daerah di Indonesia dapat terlayani dengan baik,” tuturnya.

Sementara itu Direktur Utama PT Jatelindo Perkasa Abadi. Armanto Idham Hadju mengatakan “Sebenarnya kita sudah bekerjasama dengan BAZNAS selama tiga tahun, untuk pembayaran ZIS melalui channel loket PPOB. Seiring berjalannya waktu kami mengeluarkan produk lainnya yang bernama Narobil yang merupakan platform untuk membuat berbagai macam tagihan dan akhirnya Narobil bisa memfasilitasi BAZNAS dalam program kurban dan donasi, termasuk Program Wujudukan Mimpi Jadi Nyata ini,” jelasnya.

Idham berharap “Program ini tidak hanya untuk wilayah DKI Jakarta saja, tetapi tidak menutup kemungkinan akan berjalan untuk seluruh wilayah Indonesia. Selain itu, nantinya Narobil juga dapat memfasilitasi semua transaksi program-program BAZNAS. Dengan silahturahmi tetap terjalin, kita yakin ini akan terwujud,” harap Idham.

Program kerjasama BAZNAS dan PT Jatelindo Perkasa Abadi melalui Narobil ini berlangsung selama satu tahun dimulai dari tanggal 1 Mei 2020 hingga 1 Mei 2021. Oleh karena itu, melalui program “Wujudkan Mimpi Menjadi Nyata” ini diharapkan dapat memberikan akses pendidikan dan pendampingan hingga tercipta penerus bangsa yang berakhlak mulia secara berkelanjutan kepada anak-anak khususnya di daerah rentan.

Tentang BAZNAS

BAZNAS adalah badan pengelola zakat yang dibentuk pemerintah melalui Keputusan Presiden (Kepres) No 8/2001. BAZNAS bertugas menghimpun dan menyalurkan Zakat Infak dan Sedekah pada tingkat nasional. Lahirnya UU No 23/2011 tentang Pengelolaan Zakat, mengukuhkan peran BAZNAS sebagai lembaga yang berwenang melakukan pengelolaan zakat nasional. BAZNAS sudah berdiri di 548 daerah (tingkat Provinsi dan Kabupaten/ Kota).

Tentang Jatelindo

Sejak 2004 berdiri, Jatelindo Perkasa Abadi telah bermitra lebih dari 100 perusahaan yang meliputi biller besar diantaranya PLN, BPJS Kesehatan, maskapai penerbangan, PDAM, provider telekomunikasi, dan PT KAI dengan jangkauan kanal atau tempat pembayaran yang luas, bukan hanya perbankan tetapi juga moderen channel seperti Indomaret, Alfamart, Circle K, Kimia Farma, K21, Paytren, Ottopay bahkan merambahi marketplace seperti Tokopedia dan Shopee. Untuk kanal tradisional, Jatelindo bekerja sama dengan Warung Koperasi, Koperasi Unit Desa, Agen Pulsa dan sebagainya. (Pramuji)