Benny Rhamdani: MoU dengan Garuda Indonesia Bentuk Pelayanan Negara untuk PMI

0

JAKARTA (Suara Karya): Kepala Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Benny Rhamdani, menyatakan pihaknya berkomitmen penuh dalam melayani Pekerja Migran indonesia (PMI) yang akan berangkat keluar negeri atau pulang ke tanah air. Hal ini dibuktikan dengan penandatanganan Nota Kesepahaman dengan Garuda Indonesia di Aula KH Abdurrahman Wahid BP2MI, Jakarta, pada Senin (14/3/2022).

Diungkapkan Benny, kerja sama dengan Garuda Indonesia ini merupakan salah satu bentuk pelayanan negara untuk PMI.

“Nota Kesepahaman ini akan menjadi pedoman bagi Garuda Indonesia melalui anak perusahaan yang dimilikinya untuk mengakomodasi pelayanan handling bagi PMI yang meliputi penyediaan tiket, transportasi menuju bandara, serta penyediaan konsumsi,” kata Benny.

Dijelaskannya, sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang menyediakan jasa transportasi udara untuk penumpang, kargo, dan pos, pada rute penerbangan dalam negeri dan luar negeri, Garuda Indonesia diharapkan dapat memberikan layanan bagi Pekerja Migran Indonesia baik dari sisi pemberangkatan dan tidak menutup kemungkinan juga dari sisi kepulangannya.

Layanan tersebut, lanjut Benny, merupakan manifestasi kehadiran Negara dalam memberikan pelayanan dan pelindungan paripurna bagi PMI sebelum, selama, dan setelah bekerja melalui sinergi kelembagaan sebagaimana tercantum dalam program prioritas BP2MI.

“Berbagai sinergi dengan perusahaan-perusahaan BUMN dalam memberikan pelayanan bagi Pekerja Migran Indonesia terus dilakukan demi memberikan kemudahan bagi Calon Pekerja Migran Indonesia” jelasnya. (Bayu)