Bentuk Karakter Kepemimpinan Siswa, SMA Labschool Rawamangun Gelar Latihan Dasar Kepemimpinan dengan Nama “Navigasi”

0

JAKARTA (Suara Karya): Di tengah pandemi Covid-19, setiap sekolah pasti dituntut untuk mengemas kegiatan secara daring untuk bisa memastikan kegiatan yang bersifat membangun karakter siswa untuk tetap terlaksana. Sebelum pandemi terjadi SMA Labschool Jakarta dan TNI AU bekerja sama dalam melaksanakan kegiatan Navigasi di Lanud Halim Perdana Kusuma, namun tahun 2020 dan 2021 ini Navigasi dilaksanakan secara dalam jejaring (daring). Meskipun daring tidak mengurangi esensi dari kegiatan Navigasi ini.

Navigasi adalah sebuah kegiatan unggulan kesiswaan di SMA Labschool Jakarta yang merupakan singkatan dari “Bina Diri dan Visi Organisasi” disekolah lain biasa dikenal dengan Latihan Dasar Kempemimpinan (LDK).

Navigasi menjadi kegiatan kesiswaan dasar bagi seluruh kelas X di SMA Labschool Jakarta, untuk mempersiapkan seluruh kelas X menjadi kader-kader organisatoris nantinya ketika mereka sudah terjun dalam dunia organisasi tingkat sekolah, seperti OSIS, MPK dan Rohis.

Pada awalnya pimpinan sekolah berharap navigasi masih dapat dilaksanakan tatap muka bekerja sama dengan TNI AU di Halim seperti tahun2 sebelumnya, ternyata kondisi pandemi yang masih belum memungkinkan untuk dilaksanakan secara offline walaupun telah direncanakan dengan matang maka diputuskan kegiatan Navigasi 2021 dilaksanakan secara daring.

Kegiatan dilaksanakan selama 3 Hari, mulai dari hari Kamis – Sabtu, tanggal 29 – 31 Juli 2021 dan dilakukan secara daring. Kegiatan ini diadakan bertujuan untuk :

1.Menyiapkan siswa kelas X untuk menjadi pengurus organisasi seperti OSIS, MPK dan Rohis di SMA Labschool Jakarta
2.Menanamkan nilai-nilai dasar organisasi secara terencana, terstruktur dan komprehensif bagi seluruh siswa
3. Memberikan motivasi berorganisasi kepada seluruh siswa
4.Membentuk dan membina karakter kepemimpinan dalam diri siswa
5. Memberikan pemahaman dan wawasan kedirgantaraan bagi seluruh siswa

Materi yang dikupas adalah Nilai-nilai dasar organisasi; kepemimpinan, motivasi berorganisasi, team building, manajemen organisasi, public speaking, kemampuan pembuatan makalah dan dasar-dasar kesekretariatan, semua materi tersebut merupakan konten yang disampaikan dalam program Navigasi.

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Badan Pengelola Sekolah Labschool – Prof. Dr. Ahmad Sofyan Hanif, M.Pd), dimana didalam sambutan disampaikan : “Kembangkanlah jiwa kempemimpinan dan semangat berjuang demi persiapan dimasa yang akan datang”.

Kerja Sama dengan TNI AU

Sementara Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan SMA Labschool Jakarta – Badru Zaman, M.Pd menyampaikan “Meskipun kegiatan Navigasi pada tahun ini tidak dilaksanakan di Lanud Halim bekerja sama dengan TNI AU seperti tahun2 sebelumnya, bapak harap tidak mengurangi makna dan tujuan dari pelaksanaan Navigasi 2021 ini.”

Panitia kegiatan mengundang pemateri seperti Alwan Hafizh, S. T (Mahasiswa berprestasi UGM), Letda Czi Fachri Satya Prawira S. Tr. (Han) yang juga sebagai alumni SMA Labschool Jakarta, Agus Munandar, S. Pd untuk hari pertama dan Leon Alvina (Ketua BEM UI 2021), Satriawan S.Pd., M. Si., Rahmi Yulia Ningsih, M. Pd (Dosen Bahasa Indonesia Universitas BINUS, Dra Sudarmi untuk hari kedua.

Harapan setelah mengikuti kegiatan setiap siswa nantinya akan menjadi kader-kader organisasi di level SMA dengan pengetahuan, sikap dan keterampilan berorganisasi yang unggul dan mumpuni. Semua itu dilaksanakan dalam rangka menjalankan tanggung jawab sebagai insan terdidik dan tentunya untuk menyiapkan pemimpin masa depan. (Pramuji)