Suara Karya

Berkat Asian Games, Omzet Smesco Naik 100 Persen Lebih

JAKARTA (Suara Karya): Perhelatan Asian Games yang sudah berjalan delapan hari ini benar-benar dimanfaatkan oleh Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (LLP – KUKM) untuk mempromosikan produk unggulan UKM dari berbagai daerah yang ditampilkan di Smesco Indonesia.

Hal ini terbukti dengan banyaknya atlet dan official negara peserta Asian Games yang mampir di Smesco untuk belanja produk UKM dari seluruh nusantara.

Direktur Utama LLP-KUKM, Emilia Suhaimi mengaku senang dengan respon positif dari atlet, official atau pun suporter terhadap produk-produk yang dipajang di Smesco Indonesia.

Menurut Emilia, sudah banyak produk-produk UKM yang dibeli oleh delegasi dari berbagai negara. Hal ini menandakan pilihan panitia penyelenggara (Inasgoc) memilih Smesco sebagai salah satu destinasi wisata belanja dari peserta Asian Games tidak salah.

Emilia menyatakan, dengan adanya penyelenggaraan Asian Games, mampu mendongkrak omzet dan penjualan produk UKM di Smesco Indonesia. Selama lima hari pelaksanaan Asian Games, katanya, omzet Smesco Indonesia tercatat naik tajam hingga lebih dari 110,8 persen atau 2 hingga 3 kali lipat.

Namun demikian, Emilian berharap lebih banyak lagi delegasi atlet atau official peserta Asian Games yang berbelanja di Smesco Indonesia. Sehingga, katanya, Smesco Indonesia dapat menjadi sarana promosi produk UKM ke berbagai negara.

“Pertumbuhan omzet month to month 110,8 persen. Itu dari tanggal 19 sampai 24 Juli. Untuk tanggal yang sama di bulan Agustus 2018,” kata Emilia, saat ditemui wartawan, di Smesco Indonesia, Jakarta, Minggu (26/8).

Meskipun senang, Emilia mengaku perlu ada upaya bersama meramaikan Smesco. Dia mengaku kepedulian Dinas Koperasi dan UKM dari berbagai daerah dianggap belum optimal. Hal itu ditunjukkan dengan kurang cepatnya respon mereka untuk mempercepat sirkulasi produk-produk UKM yang kehabisan stok. Hal ini membuat promosi produk unggulan dari daerah-daerah yang paling banyak diminati oleh buyer menjadi terkendala.

“Dinas koperasi kurang sadar, padahal ini (Smesco Indonesia) sangat membantu produk unggulan UKM dari daerahnya, tapi mereka kurang serius dan ogah-ogahan. Seolah-olah ini sebagai kerja tambahan bagi mereka, terutama dari Daerah Sulawesi Utara,” katanya.

Di sisa waktu Asian Games yang tinggal beberapa hari lagi, Emilia berharap peran dan komitmen pemerintah daerah melalui Dinas Koperasi dan UKMnya dapat lebih ditingkatkan. Produk UKM yang mereka titipkan di Smesco Indonesia ini menjadi pintu masuk bagi pelaku usaha di daerah untuk mengembangkan produknya ke pasar ekspor.

“Daerah kurang peduli untuk mendorong barang-barang yang udah habis untuk segera dikirim ke sini. Padahal Smesco ditunjukan menjadi wisata belanja bagi mereka para Atlet dan official, Sarinah aja nggak ditunjuk,” katanya. (Gan)

Related posts