Bertambahnya Pasien Covid-19, Siloam Hospitals Siap Layani dengan Menambah Tempat Tidur Isolasi dan ICU

0

JAKARTA (Suara Karya): Penyebaran Covid-19 masih berlangsung cepat dengan lonjakan kasus setiap harinya, rumah sakit pun berperan penting sebagai pertahanan terakhir dalam penanggulangan pandemi. Kasus terkonfirmasi positif Covid-19 harian di Indonesia mencapai angka tertinggi yaitu 14.518 pada 30 Januari 2021 dan 12.156 pada 6 Februari 2021. Peningkatan yang signifikan ini tentunya berdampak pada ketersediaan tempat tidur isolasi dan ICU di rumah sakit yang kian terbatas.

Padahal, kebutuhan tempat tidur isolasi dan ICU sangat berperan penting bagi kesembuhan pasien. Ketua Sub Bidang Tracing Penanganan Kesehatan Satgas COVID-19 Kusmedi Priharto seperti mengutarakan bahwa deteksi dini yang diikuti perawatan cepat dan tepat pasien positif Covid-19 dapat meningkatkan peluang kesembuhan yang lebih tinggi yakni di atas 80 persen.

Menurut World Health Organization (WHO), pasien positif COVID-19 dengan gejala penyakit parah atau kritis yang membutuhkan waktu pemulihan klinis hingga 3-6 minggu memerlukan penanganan intensif pada periode awal infeksi untuk hasil lebih optimal.

Merespons kebutuhan mendesak ini sekaligus dorongan Kementerian Kesehatan RI dalam Surat Edaran No. HK 02.01/Menkes/11/2021 tentang Peningkatan Kapasitas Perawatan Pasien Covid-19, Siloam Hospitals telah menambah kapasitas lebih dari 100 tempat tidur isolasi dan ICU untuk dua rumah sakit khusus Covid-19 yang berlokasi di Mampang, Jakarta Selatan dan Kelapa Dua, Tangerang.

“Penambahan ini kami lakukan sebagai upaya untuk melayani pasien terkonfirmasi Covid-19 secara lebih baik dan memadai. Selain itu, hal ini juga sejalan dengan instruksi Kementerian Kesehatan RI bagi rumah sakit swasta untuk bersinergi lebih erat dengan pemerintah melalui penambahan kapasitas kamar dan tempat tidur agar dapat memberikan pelayanan lebih efektif dan menanggulangi pandemi Covid-19,” ujar Deputy President Director Siloam Hospitals Group, Caroline Riady, dalam keterangannya, Kamis (18/2/2021).

Sebagai rumah sakit yang diperuntukkan khusus untuk melayani pasien Covid-19, Siloam Hospitals Mampang dan Kelapa Dua telah merawat hampir 4 ribu pasien terkonfirmasi Covid-19 sejak dioperasikan secara resmi tahun lalu. Penambahan jumlah tempat tidur isolasi terbanyak juga dilakukan di kedua rumah sakit ini. Hal tersebut diharapkan mampu menunjang perawatan sekaligus memberikan tempat lebih kepada pasien baru terkonfirmasi Covid-19 agar dapat terlayani secara optimal.

Saat ini Siloam Hospitals telah mendedikasikan 4 Rumah Sakit dari total 39 Rumah Sakit Siloam untuk melayani pasien Covid-19 sepenuhnya. Penambahan kapasitas di dua Rumah Sakit tersebut menjadikan total penambahan tempat tidur pasien Covid-19 menjadi 769 tempat tidur pasien Covid-19 sehingga di semua Rumah Sakit Siloam Hospitals ada total 1800 tempat tidur yang bisa melayani pasien Covid-19 di seluruh Indonesia.

Seluruh proses perawatan, pengobatan, hingga pemulihan sesuai indikasi medis di Siloam Hospitals sepenuhnya dijamin oleh pemerintah. Jika membutuhkan bantuan terkait rumah sakit rujukan Covid-19, masyarakat dapat menghubungi nomor WhatsApp Siloam Hospitals Mampang 0811 1959 2397 dan WhatsApp Siloam Hospitals Kelapa Dua 0852 1133 2181. Petugas Siloam Hospitals akan siaga menangani rujukan kasus COVID-19 selama 24 jam. (Andara Yuni)