BI Optimistis Perekonomian Indonesia Tumbuh 4,7-5,5%

0

JAKARTA (Suara Karya): Bank Indonesia (BI) memperkirakan pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun 2022 akan mencapai 4,7-5,5%, dari 3,2-4,0% pada tahun 2021. Hal ini didorong oleh berlanjutnya perbaikan ekonomi global yang berdampak pada kinerja ekspor yang tetap kuat, serta meningkatnya permintaan domestik dari kenaikan konsumsi dan investasi. 

Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan, sinergi kebijakan yang erat dan kinerja perekonomian tahun 2021 menjadi modal untuk semakin bangkit dan optimis akan pemulihan ekonomi Indonesia yang lebih baik pada tahun 2022. Guna mendorong pemulihan ekonomi nasional di tahun 2022, BI menekankan pentingnya penguatan sinergi dan inovasi ditujukan untuk menciptakan imunitas masal dari pandemi Covid-19, pembukaan kembali sektor ekonomi prioritas, dorongan kebijakan untuk pemulihan ekonomi dalam jangka pendek melalui kebijakan peningkatan permintaan; serta penguatan pertumbuhan yang lebih tinggi dalam jangka menengah melalui kebijakan reformasi structural (structural reforms).

Sementara itu, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia DKI Jakarta, Onny Widjanarko menyampaikan laporan pertumbuhan ekonomi, realisasi inflasi, perkembangan kredit dan DPK serta perkembangan elektronifikasi sistem pembayaran di Jakarta.

Menurutnya, bercermin dari perkembangan ekonomi Jakarta di tahun 2021 di tengah pandemi Covid-19 yang masih berlangsung, ada tiga pelajaran berharga yang bisa diambil, pertama, kesehatan dan keselamatan manusia adalah kunci dan prioritas dalam memulihkan ekonomi. Penerapan protokol kesehatan, penyebaran vaksin didukung dengan berbagai relaksasi kebijakan mendorong peningkatan pertumbuhan ekonomi.

Kedua pencegahan penyebaran COVID-19 melalui pembatasan mobilitas dan interaksi masyarakat, tidak hanya mengakselerasi ekonomi keuangan digital, namun juga menghadirkan inovasi kegiatan sosial dan ekonomi, serta menggeser perilaku masyarakat yang lebih adaptif menghadapi era new normal.

“Yang terakhir (ketiga) semangat kolaborasi yang ditempuh berbagai cara menjadi kunci suksesnya menjaga pertumbuhan perekonomian,” Kata Onny di Jakarta, Rabu (24/11/2021). (Bayu)