BI Prediksi Ekonomi Jakarta Tumbuh 6,1%

0
Kepala Perwakilan Bank Indonesia DKI Jakarta, Onny Widjanarko. (Foto: Bayu Legianto/suarakarya.co.id)

JAKARTA (Suara Karya): Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi DKI Jakarta Onny Widjanarko mengatakan perekonomian di DKI Jakarta diperkirakan akan tumbuh tinggi dikisaran 5,3 % – 6,1 % pada tahun 2022. Pertumbuhan ini seiring dengan semakin terkendalinya kasus Covid-19 dan akselerasi vaksinasi termasuk booster.

“Kami perkirakan pada 2022 ekonomi Jakarta tumbuh dikisaran 5,3 % – 6,1 %. Ini jauh lebih tinggi dibandingkan tahun 2021, yang sekitar 3,34 %. Dan inflasi tahun 2022 diperkirakan lebih tinggi dari 2021, seiring dengan pertumbuhan yang meningkat. Namun masih tetap berada dikisaran 2 – 4 %,” Kata Onny dalam acara Bincang Media Virtual, Kamis (17/2/2022).

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama Deputi Kepala Kantor Perwakilan BI Provinsi DKI Jakarta Endang Kurnia Saputra menyatakan bahwa inflasi di DKI Jakarta akan meningkat pada tahun 2022. Karena menurutnya, mesin ekonomi di negara maju seperti Amerika dan China sudah mulai berjalan. Sehingga berdampak pada komoditas-komoditas yang berpengaruh di Indonesia, antara lain komoditas yang berbasis sumberdaya alam.

Selain itu, Endang juga menegaskan, bahwa pihaknya akan bekerjasama dengan Dinas Perdagangan untuk aktif dalam mengendalikan harga di DKI Jakarta dengan sebaik-baiknya.

“Kami juga telah berkoordinasi dengan dinas perdagangan. Kami di BI selaku tim pengendali inflasi daerah tetap bekerjasama untuk aktif mengendalikan harga di DKI dengan sebaik-baiknya. Alhamdulillah di DKI ini pengendalian inflasinya sangat dibantu oleh BUMD pangan. BUMD tersebut menjadi salah satu kontributor utama pengendalian dan stabilisasi harga di DKI Jakarta. Kunci pengendalian inflasi di Indonesia juga berada di Jakarta,” ujarnya. (Bayu)