Bidang Kemahasiswaan UNJ Masuk Peringkat Delapan Pemeringkatan Kemahasiswaan 2020

0

JAKARTA (Suara Karya) : Lewat kinerja yang handal, akhirnya Bidang Kemahasiswaan Universitas Negeri Jakarta (UNJ) melaju ke peringkat kedelapan Nasional tahun 2020. Hal itu diperoleh melalui penilaian Kemendikbud terhadap hasil kinerja perguruan tinggi se-Indonesia untuk tahun 2019 khususnya bidang Kemahasiswaan.

Prestasi UNJ ini mengalami peningkatan dibanding tahun sebelumnya yang berada di peringkat ke-16. “Peringkat kami mengalami peningkatan cukup baik dari peringkat ke-16 menjadi delapan,” ujar Wakil Rektor 3 Bidang Kemahasiswaan UNJ, Dr, Abdul Sukur, M.Si di Jakarta, kemarin.

Pemeringkatan kemahasiswaan tersebut dilakukan guna mendorong Perguruan Tinggi (PT) untuk meningkatkan kepedulian kepada kegiatan-kegiatan kemahasiswaan. Sehingga dapat menumbuhkembangkan prestasi mahasiswa dalam bidang penalaran dan kreativitas mahasiswa, olahraga, seni, minat khusus, bakat, kewirausahaan, dan kesejahteraan mahasiswa dalam skala nasional maupun internasional demi kemajuan Indonesia.

Pemeringkatan kemahasiswaan juga ditunjukkan untuk memotivasi PT dalam mengembangkan kegiatan-kegiatan kemahasiswaan baik secara kelembagaan kemahasiswaan, prestasi mandiri PT dan juga keterlibatan dalam berbagai kegiatan yang diselengarakan oleh Direktorat Belmawa, Ditjen Dikti serta upaya untuk menginventarisir prestasi-prestasi nasional maupun internasional mahasiswa.

“Pemeringkatan Kemahasiswaan (SIMKATMAWA) ini merupakan acuan bagi kementerian dan PT dalam melaksanakan pelaporan kinerja dan atau prestasi dalam bidang kemahasiswaan tahun 2019,” ujar Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Dirjen Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Prof. drh. Aris Junaidi, Ph.D. (Warso)