Cara Mencegah Penyebaran Virus Covid – 19

0

JAKARTA (Suara Karya) : Berbagai cara pencegahan virus Corona-Covid-19 yang telah dilakukan.Pasalnya, virus yang menakutkan masyarakat ini penularannya bisa ditempat tertutup dan diarena kerumunan masyarakat.

Upaya pencegahan penularan virus corona di dalam ruangan dapat dilakukan dengan menerapkan protokol Ventilasi-Durasi-Jarak atau dikenal dengan protokol VDJ.

Suatu ruangan dengan adanya ventilasi membuat ruangan tersebut dialiri udara segar dan menjadikan potensi penularan virus corona menjadi lebih rendah karena terjadi dispersi virus.

Hal ini berbeda dengan ruangan tertutup. Sebab, di dalam ruangan tertutup udara akan kembali resirkulasi dan membuat virus yang melayang di udara akan tetap di ruangan tersebut.

Ada juga virus yang muncul dipondok peantrsen,seperti di Kecamatan Sidorejo. Kasus positif Covid-19 itu ditemukan setelah beberapa santri mengalami gejala Covid-19 dan kehilangan indra penciuman atau anosmia.

“Setelah ada laporan sejumlah 30-an anak bergejala dan anosmia, puskesmas otomatis menutup semua santri dan guru di dalam. Sampai menunggu jadwal untuk swab dan sejauh ini mereka patuh, mendapat obat dan vitamin, hand sanitizer dan sabun cuci tangan dari puskesmas.

Sementara itu, melansir Kompas.com (14/12/2020), di Kabupaten Serang, Banten masuk dalam zona resiko penyebaran tinggi atau merah berdasarkan peta sebaran Covid-19 di Provinsi Banten.

Penambahan kasus di Kabupaten Serang didominasi berasal dari klaster Pilkada serentak tahun 2020.

“Kabupaten Serang minggu ini zona merah, hal ini dampak dari dominasi kasus positif dari klaster pilkada,” kata Juru Bicara Satgas Covid-19 Banten, dr Ati Pramudji Hastuti, Senin (14/12). (Warso)