Cegah Covid-19, BPJS Kesehatan Minta Peserta JKN-KIS Gunakan Pandawa

0
Kepala BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Barat, Fitria Nurlaila Pulukadang. (Suarakarya.co.id/Tri Wahyuni)

JAKARTA (Suara Karya): Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan meminta peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) untuk menggunakan Pandawa (Pelayanan Administrasi Melalui Whatsapp). Upaya itu dilakukan mengurangi penularan corona virus disease (covid-19).

“Pandemi covid-19 mendorong BPJS Kesehatan untuk menciptakan sejumlah inovasi layanan tanpa tatap muka. Pandawa salah satu diantaranya,” kata Kepala BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Barat, Fitria Nurlaila Pulukadang dalam acara sosialisasi Pandawa, di Jakarta, Jumat (16/10/20).

Fitria menjelaskan, Pandawa memiliki 10 layanan yang dapat diakses peserta JKN-KIS tanpa perlu tatap muka. Sepuluh layanan itu adalah pendaftaran baru, tambahan anggota keluarga, pendaftaran bayi baru lahir, perubahan segmen kepesertaan dan perubahan data identitas.

“Layanan itu juga bisa digunakan untuk mengubah data golongan dan gaji peserta, perubahan Fasilitas Kesehatan Tahap Pertama (FKTP), penonaktifan peserta meninggal, perbaikan data ganda serta pengaktifan kembali kartu,” tuturnya.

Fitria mengemukan, Pandawa sudah diterapkan di seluruh kantor cabang BPJS Kesehatan, termasuk cabang Jakarta Barat. Layanan tersebut diharapkan dapat mengurangi jumlah kunjungan peserta JKN-KIS ke kantor cabang.

“Khusus untuk peserta JKN-KIS di Jakarta Barat, bisa menghubungi nomor WA 081283093171. Petugas akan memberi format dan panduan yang dapat diikuti peserta agar mendapat layanan secara optimal,” ujarnya.

Ditambahkan, Pandawa hanya bisa diakses selama jam pelayanan kantor, mulai dari Senin hingga Jumat, kecuali hari libur nasional. Jam pelayanan mulai pukul 09.00 sampai 17.00 WIB.

Menurut Fitria, segmentasi peserta yang dapat memanfaatkan layanan Pandawa, antara lain Pekerja Penerima Upah (PPU), Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU), dan Penerima Bantuan Iuran (PBI).

“Kami harap pelaksanaan JKN-KIS tetap berjalan optimal di masa pandemi ini. Peserta terlayani dengan baik tanpa perlu saling tatap muka,” katanya.

Selain Pandawa, Fitria menambahkan, BPJS Kesehatan memiliki layanan tanpa tatap muka lainnya untuk meningkatkan akses peserta JKN-KIS. Layanan itu berupa aplikasi Mobile JKN, BPJS Kesehatan Care Center di nomor 1500400, Chat Assistant JKN (CHIKA) melalui WA nomor 08118750400 serta aplikasi Telegram dengan chat melalui username @BPJSkes_bot untuk pelayanan informasi dan pengaduan. (Tri Wahyuni)