Cegah Covid-19 di Bioskop, Sebelum Nonton Wajib Tes GeNose Dulu!

0

JAKARTA (Suara Karya): Pemerintah akan menempatkan alat deteksi covid-19 buatan anak bangsa, GeNose di bioskop. Penonton wajib menjalani tes tersebut, guna mencegah terjadinya penularan virus dalam bioskop.

“Penempatan GeNose di bioskop sudah kami bahas dengan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno. Sekarang tinggal menunggu teknis pelaksanaannya saja,” kata Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Muhadjir Effendy saat melihat pelaksanaan vaksinasi bagi lansia di Jakarta, Selasa (9/3/2021).

Dalam kesempatan itu sejumlah aktor dan aktris senior datang untuk vaksinasi covid-19, diantaranya Anwar Fuady, Meriam Bellina, Christine Hakim dan produser film Raam Punjabi.

Dalam kunjungannya itu, Menko PMK Muhadjir Effendy didampingi Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono.

Dijelaskan, penempatan GeNose di gedung bioskop merupakan upaya pemerintah dalam menghidupkan kembali industri perfilman di Tanah Air. Dengan demikian, penikmat film tak ragu lagi untuk datang ke bioskop.

“Apalagi deteksi covid-19 dengan GeNose itu mudah, murah dan cepat. Cukup hembuskan nafas ke plastik pemeriksa, dalam hitungan menit langsung kelihatan hasilnya. Alat tersebut sudah terpercaya karena mampu mendeteksi virus hingga 96 persen,” tuturnya.

Ditambahkan, program vaksinasi bagi  aktor dan aktris kawakan juga menjadi salah satu upaya pemerintah menghidupkan kembali industri perfilman nasional yang terhenti di masa pandemi Covid-19.

“Tidak hanya untuk aktor dan aktris lansia, setelah ini pemerintah akan mengupayakan seluruh insan perfilman dapat prioritas vaksin, bersamaan dengan tenaga-tenaga pelayanan publik,” ujarnya.

Dengan begitu, Muhadjir berharap  produksi film dan bisnis bioskop bisa segera aktif kembali. (Tri Wahyuni)