Cegah Covid-19, Universitas Pertamina Buat Hand Sanitizer untuk Warga

0

JAKARTA (Suara Karya): Universitas Pertamina membuat sekaligus membagikan hand sanitizer untuk warga sekitar kampus di wilayah Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. Hal itu dilakukan untuk pencegahan penularan virus corona (covid-19), seiring makin langkanya produk hand sanitizer di pasaran.

“Lewat produk hand sanitizer atau penyanitasi tangan ini, kami ingin bantu pemerintah dalam mencegah penularan covid-19 di masyarakat,” kata Kepala Lembaga Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat dan Inovasi (LPPMI) Universitas Pertamina, Wahyu Agung Pramudito di Jakarta, Selasa (7/4/20).

Dalam siaran persnya, Wahyu Agung menjelaskan, produk hand sanitizer yang dibagikan ke warga merupakan hasil karya dosen dan staf program studi kimia sejak 16 Maret 2020 lalu. Produk itu dibuat di Laboratorium Kimia Terintegrasi, Universitas Pertamina.

“Kami terdorong untuk membuat hand sanitizer karena produk itu tidak ada di pasaran selama pandemi covid-19. Kalaupun ada, produk itu dijual dengan harga mahal. Sehingga tak terjangkau bagi masyarakat kalangan bawah,” ujarnya.

Ditambahkan, hand sanitizer bukanlaj satu-satunya produk untuk mencegah penularan covid-19. Karena virus tersebut bisa hilang dengan cara mencuci tangan dengan sabun. “Hand sanitizer dibutuhkan saat tak ada sumber air di sekitar, sementara tangan harus terjaga kebersihannya,” ujarnya.

Pembuatan hand sanitizer bukan yang sulit. Bahan yang dibutuhkan terdiri dari campuran bahan antiseptik berupa alkohol 96 persen H2O2, gliserol, aqua dm steril, serta campuran pewangi yang aman bagi kulit.

“Bahan-bahan tersebut dapat membunuh beragam bakteri dan virus dengan cara melumpuhkan jaringan protein yang ada dalam bakteri dan virus. Atau merangsang proses denaturasi yang membuat bakteri dan virus terurai,” katanya.

Selain digunakan dalam area kampus, lanjut Wahyu Agung, sekitar 21 liter hand sanitizer tersebut dibagikan ke dua titik utama, yakni RT 09 RW 12 dan RT 03 RW 12, Kelurahan Grogol Selatan, Kecamatan Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.

“Produk hand sanitizer tak berhenti sampai disini. Kami akan upayakan lagi agar lebih banyak warga di Kelurahan Grogol Selatan yang dapat perlindungan dari covid-19,” kata Wahyu Agung menandaskan. (Tri Wahyuni)