Cegah Karhutla, APP Sinar Mas Siagakan 3 Ribu Personel Regu Damkar

0
?

JAKARTA (Suara Karya): Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas menyiapkan lebih dari 3 ribu personel regu pemadam kebakaran (damkar), sebagai antisipasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) tahun ini. Puncak musim kemarau diperkirakan akan jatuh pada Agustus-September.

“BMKG memprediksikan musim kemarau tahun ini lebih kering dibanding tahun lalu, dampak dari el Nino. Berbagai persiapan kita lakukan agar tercapai zero fire,” kata Direktur APP Sinar Mas, Suhendra Wiriadinata kepada wartawan, di Jakarta, Rabu (24/7/2019).

Suhendra dalam kesempatan itu, didampingi Manajer Teknologi & Data Fire Management APP Sinar Mas, Gustaf Rantung dan Head of Corporate Social and Security APP Sinar Mas, Agung Wiyono.

Selain personel, lanjut Suhendra, APP Sinar Mas juga memperkuat berbagai fasilitas dari sistem penanggulangan kebakaran hutan terintegrasi (IFM)-nya. Dana yang dikeluarkan tahun ini mencapai Rp300 miliar.

“Total dana yang dialokasikan APP Sinar Mas selama 5 tahun (2015-2020) dalam berbagai upaya untuk mencapai target zero fire sebesar Rp1,3triliun. Dana itu mencakup 5 provinsi yaitu Jambi, Riau, Sumatera Selatan, Kalimantan Barat dan Kalimantan Timur,” tuturnya.

Suhendra menegaskan, upaya APP Sinar dalam mencegah karhutla memang tidak main-main. Karena, hal itu sejalan dengan komitmen perlindungan hutan APP Sinar Mas yang tertuang dalam Kebijakan Konservasi Hutan (FCP).

“APP Sinar Mas bersama seluruh mitra pemasok siap mengoptimalkan seluruh sumber daya yang ada, baik di darat, air, dan udara untuk mendukung Indonesia bebas asap,” tuturnya.

Suhendra yakin lewat persiapan yang matang dan kolaborasi yang kuat antara sektor swasta, pemerintah pusat dan daerah, TNI-Polri serta masyarakat akan mampu menjaga hutan Indonesia dari bencana karhutla,” ucapnya.

Hingga akhir 2018 lalu, disebutkan, APP Sinar Mas berhasil menurunkan angka kebakaran hutan hingga mendekati target zero fire pada periode berjalan. Saat ini, hanya 0,07 persen dari seluruh area konsesi pemasok APP Sinar Mas yang terdampak api akibat kebakaran.

Hal senada dikemukakan Manajer Teknologi & Data Fire Management, APP Sinar Mas Gustaf Rantung. Dikatakan, strategi utama APP Sinar Mas terdiri atas 4 pilar utama yaitu pencegahan, persiapan, deteksi dini dan respons cepat.

“Selain menyiapkan lebih dari 3 ribu personel regu pemadam kebakaran tersertifikasi Manggala Agni, fasilitas lainnya adalah 506 pos pantau, 102 menara api dan lebih dari 1,000 pompa air. Tersedia pula 138 truk pemadam kebakaran, 608 kendaraan patroli dan 10 helikopter water-bombing,” ujarnya.

Dan yang tak kalah penting, lanjut Gustav, sistem deteksi dini di situation room yang ada di kantor Jakarta mampu mengidentifikasi kebakaran lebih awal. Semua fasilitas tersebut disiagakan untuk menghadapi puncak musim kemarau tahun ini. (Tri Wahyuni)