Cegah Longsor di Desa Cibunian Bogor, BAZNAS Lakukan Asesmen Program TALENTA

0

BOGOR (Suara Karya): Polusi udara yang kini makin meningkat sudah menjadi makanan sehari-hari di kota besar. Dampak dari polusi udara yang kotor ini dapat menciptakan penyakit dalam tubuh. Salah satu solusi untuk membuat udara lebih segar adalah menanam lebih banyak pohon. Manfaat menanam pohon tak hanya berdampak pada tubuh saja, melainkan pada lingkungan juga.

Sebagai bentuk kesadaran menjaga ekosistem Lembaga Zakat Community Development (ZCD) berkolaborasi dengan Lembaga BAZNAS Tanggap bencana (BTB) mengadakan giat Tanam Pohon, Lestarikan Alam, dan Cintai Alam (TALENTA) di Hutan Wakaf Bogor Desa Cibunian, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Pada Sabtu (22/5), Sahabat ZCD beserta BTB Jabar melakukan proses asesmen guna memastikan kondisi untuk kegiatan penanaman. Selain itu dilakukan juga penyebaran lembar survei yang diisi oleh perwakilan warga RW 01 dan juga Binaan ZCD Kelompok Berkah Bersama yang berlokasi di Kampung Muara. Penyebaran lembar survei tersebut dilakukan sebagai dasar analisa oleh tim dari BTB Jabar.

Dilakukan juga sosialisasi Program TALENTA yang dilaksanakan pada Selasa, (25/5). Pohon yang menjadi opsi untuk ditanam di antaranya pohon manggis, mangga, nangka, dan pala. Pohon-pohon tersebut akan ditanam di lahan yang rawan longsor di Hutan Wakaf 5. Selanjutnya juga akan dilakukan serah terima bibit kepada warga dan Kelompok Berkah Bersama. Harapannya Program TALENTA ini dapat menjaga habitat ekosistem alam dan pencegahan longsor di Desa Cibunian. (Pramuji)